Berita Hizbullah Siap Ladeni Invasi Darat Israel di Lebanon

by


Jakarta, Pahami.id

Para pahlawan Hizbullah mempersiapkan serangan darat Israel ke Lebanon. Hal tersebut disampaikan Wakil Pemimpin Hizbullah Naim Qassem pada Senin (30/9) dalam pidato publik pertamanya sejak Israel membunuh pemimpin kelompok tersebut, Hassan Nasrallah, Jumat (27/9) lalu.

Naim Qassem menegaskan Israel tidak akan mencapai tujuannya. Menurutnya, Hizbullah akan merespons segala kemungkinan yang dilakukan Israel ketika menyerang Lebanon.

“Kami akan menghadapi segala kemungkinan dan kami siap jika Israel memutuskan masuk melalui darat dan pasukan oposisi siap melakukan pertempuran darat,” kata Qassem dalam pidatonya dari lokasi yang dirahasiakan, seperti diberitakan bahasa Arab baruSenin (30/9).


Pernyataan itu muncul ketika Israel melanjutkan serangan udara yang menargetkan Beirut dan tempat-tempat lain di Lebanon. Gelombang serangan Israel selama dua minggu berhasil melenyapkan beberapa komandan Hizbullah, namun juga menewaskan sekitar 1.000 warga Lebanon.


Menurut pemerintah Lebanon, invasi Israel ke negaranya juga memaksa satu juta orang meninggalkan rumah mereka. Kerugian ini merupakan yang terberat bagi Hizbullah sejak Garda Revolusi Iran mendirikan kelompok tersebut pada tahun 1982 untuk menentang invasi Israel ke Lebanon.

Nasrallah telah membangun Hizbullah menjadi kekuatan militer dan politik paling kuat di Lebanon, dengan pengaruh luas di Timur Tengah. Kini mereka menghadapi tantangan untuk menggantikan pemimpin tingkat tinggi yang menjadi pahlawan bagi para pendukungnya karena menentang Israel meskipun Barat mencapnya sebagai dalang teroris.

“Kami akan memilih sekretaris jenderal partai sesegera mungkin, dan kami akan mengisi kepemimpinan dan posisi secara permanen,” kata Qassem.

Qassem mengatakan pejuang Hizbullah terus menembakkan roket sejauh 150 km (93 mil) ke wilayah Israel dan bersiap menghadapi kemungkinan serangan darat Israel.

“Apa yang kami lakukan hanyalah upaya minimal. Kami tahu bahwa pertempuran mungkin akan berlangsung lama,” katanya. “Kami akan menang seperti yang kami menangkan dalam pembebasan tahun 2006 melawan musuh Israel,” tambah Qassem, mengacu pada konflik besar terakhir antara kedua musuh tersebut.

Kemungkinan bahwa langkah Israel selanjutnya adalah mengirim pasukan darat dan tank melintasi perbatasan sudah menjadi pemikiran banyak orang dan Israel tidak memberikan indikasi bahwa mereka akan mengendalikan tentara paling kuat dan berteknologi maju di wilayah tersebut.

Israel mengatakan pihaknya akan melakukan apa pun untuk mengembalikan warganya dengan selamat ke komunitas pengungsi di perbatasan utaranya. Israel tidak mengesampingkan kemungkinan invasi darat dan militernya telah berlatih untuk menghadapinya.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan kepada pasukan korps lapis baja di dekat perbatasan Lebanon pada Senin (30/9): “Penghancuran Nasrallah adalah langkah penting tetapi ini bukan akhir, untuk mengembalikan orang-orang utara dengan selamat ke rumah mereka, kami akan mengaktifkan semua kemampuan kami, termasuk Anda.”

Menurut media Israel WallaMiliter Israel sedang menyelesaikan persiapan untuk melancarkan serangan darat ke Lebanon, dan militer berupaya memanfaatkan kehancuran pusat komando Hizbullah dalam serangan udara minggu sebelumnya.

Laporan Wall Street Journal, Senin (30/9), di tengah persiapan tersebut, pasukan khusus Israel telah melakukan serangan skala kecil di Lebanon selatan sebagai bagian dari pengumpulan intelijen sebelum melakukan serangan darat.

Perdana Menteri sementara Lebanon Najib Mikati mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintahnya siap untuk sepenuhnya menerapkan resolusi PBB yang bertujuan mengakhiri kehadiran kelompok bersenjata Hizbullah di selatan Sungai Litani, sebagai bagian dari perjanjian untuk mengakhiri perang dengan Israel.

(Wow)