Berita Hizbullah-Houthi Kompak Gempur Tel Aviv, Kena Markas Unit 8200 Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Milisi Hizbullah di Lebanon hingga Houthi di Yaman melancarkan serangan roket terhadap rudal balistik dan hipersonik Israel pusat, termasuk ibu kota Tel Aviv, pada Selasa (22/10).

Melalui pernyataan di channel Telegram yang dikutip ReutersHizbullah mengatakan kelompoknya telah mengebom beberapa titik militer Israel, termasuk pangkalan Glilot di Tel Aviv dengan rentetan rudal.


Pangkalan Glilot, yang terletak di pinggiran Tel Aviv, adalah markas besar Unit intelijen militer Israel 8200.

Hizbullah juga mengaku telah menembakkan roket ke beberapa posisi strategis Israel lainnya di pinggiran Tel Aviv, dan melancarkan “serangan roket” yang menargetkan “Pangkalan Angkatan Laut Stella Maris di barat laut Haifa”, sebuah kota pesisir di utara Israel.

Rangkaian serangan udara Hizbullah ini membuat tentara Israel waspada, memicu sirene peringatan berbunyi “di seluruh Israel tengah.”

“Sekitar lima proyektil diidentifikasi melintasi perbatasan dari Lebanon. Sebagian besar… berhasil dicegat,” demikian pernyataan militer Israel seperti dikutip AFP.

Militer Israel menambahkan bahwa sirene juga berbunyi “di wilayah Galilea Atas dan Dataran Tinggi Golan bagian utara.”

Israel mengatakan sekitar 15 proyektil diidentifikasi melintasi perbatasan dari Lebanon ke wilayah tersebut. Militer mengklaim bahwa beberapa peluru berhasil dicegat, sementara sisanya jatuh di area terbuka.

Sementara itu, dikutip Al JazeeraMilisi Houthi di Yaman, yang merupakan sekutu Hizbullah dan Hamas, juga melancarkan serangkaian serangan udara ke Israel tengah pada hari yang sama.

Juru bicara Houthi Yahya Saree mengatakan kelompoknya berhasil menargetkan pangkalan militer Israel di Tel Aviv menggunakan rudal balistik “hipersonik”.

Namun Saree tidak merinci pangkalan Israel mana saja yang menjadi sasaran serangan udara kelompok mereka.

(rds)