Berita Hilang 10 Tahun, Kenapa Pesawat MH370 Malaysia Belum Ditemukan?

by

Jakarta, Pahami.id

Pesawat terbang MH370 Malaysia Pesawat tersebut telah hilang selama 10 tahun sejak lepas landas ke Beijing pada 8 Maret 2014.

Boeing 777 menghilang dari radar 39 menit setelah lepas landas dari Kuala Lumpur pada pukul 00.42 waktu setempat.


Tidak ada pesan hari mayday serta sinyal marabahaya yang dikirimkan pesawat sebelum hilang sama sekali.

Panggilan radio terakhir yang dikirim pilot MH370 ke Kuala Lumpur sebelum meninggalkan Malaysia adalah: “Selamat Malam, Malaysian Three Seven Zero.”

Misteri hilangnya penerbangan MH370 menyisakan sejuta teori yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Mengapa penerbangan Malaysia Airlines MH370 tidak ditemukan?

Berbagai pihak mencoba memaparkan teori terkait hilangnya penerbangan MH370 dengan 239 penumpang.

Teori berkisar dari dugaan pembajakan, hilangnya oksigen di kabin, hingga listrik padam.

Namun, tidak ada catatan panggilan darurat, permintaan uang tebusan, cuaca buruk, atau bukti kesalahan teknis yang ditemukan selama penggeledahan.

Penyelidik Malaysia menyatakan, seluruh penumpang pesawat tersebut tidak memiliki catatan yang tidak biasa. Namun, mereka tidak menolak klaim adanya “campur tangan yang melanggar hukum”.

Pemerintah Malaysia mencurigai ada seseorang yang sengaja memutus komunikasi pesawat dengan darat dan mengalihkan arah pesawat.

Temukan MH370

Sejak hilangnya kapal tersebut, puluhan kapal dan pesawat dari luar negeri mulai melakukan pencarian antara Malaysia dan Vietnam di Laut Cina Selatan. Pencarian kemudian berpindah ke Laut Andaman dan Samudera Hindia.

Australia, bersama Malaysia dan Tiongkok, memimpin misi pencarian bawah air yang meliputi 120.000 kilometer persegi dasar laut di lepas pantai barat Australia.

Operasi pencarian terbesar dan termahal melibatkan pesawat terbang, kapal yang dilengkapi peralatan untuk menangkap sinyal sonar, dan kapal selam robot.

Beberapa kapal mendeteksi sinyal ultrasonik yang mungkin berasal dari kotak hitam pesawat. Namun, tim tidak pernah menemukan puing-puingnya.

Pada Juli 2015, puing-puing ditemukan di Pulau Reunion Prancis di bagian barat Samudera Hindia. Puing-puing ini telah dipastikan sebagai flaperon MH370 dan menjadi bukti kuat bahwa pesawat tersebut mengakhiri penerbangannya di Samudera Hindia.

Beberapa pecahan lainnya kemudian ditemukan terdampar di pantai timur Afrika. Pencarian dihentikan pada Januari 2017.

Setahun kemudian atau pada Januari 2018, perusahaan Ocean Infinity mengambil alih pencarian dengan dasar “no find, no fee” yang berarti mereka tidak akan menerima pembayaran jika pesawat tidak ditemukan.

Pencarian berdasarkan kontrak difokuskan pada wilayah utara yang diidentifikasi berdasarkan studi aliran puing. Namun pencarian berakhir beberapa bulan kemudian tanpa hasil yang signifikan.

Bersambung di halaman berikutnya…


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);