Berita Heboh Lencana Peta Israel Raya, Rebut Wilayah Saudi hingga Yordania

by


Jakarta, Pahami.id

Peta Israel Raya menjadi perbincangan di media sosial setelah foto tentara Zionis berseragam dengan logo atau lambang mirip peta tersebar.

Lencana tersebut tampak lebih lebar dari peta Israel saat ini. Jika diperhatikan lebih dekat, peta tersebut mencakup wilayah dari Arab Saudi hingga Yordania.


Tak hanya itu, peta tersebut juga mencakup sebagian wilayah Irak, Lebanon, Suriah, Mesir, dan tentunya Palestina.

Pemantau Timur Tengah (MEMO) pada Rabu (19/6) diberitakan, lambang seragam IDF memicu kemarahan masyarakat Arab. Beberapa orang menganggap peta tersebut mewakili agenda ekspansionis Israel dan yang lain mengatakan bahwa langkah tersebut menyerupai ambisi kekaisaran dalam sejarah.

Ada pula warga yang membandingkannya dengan konsep “Lebensraum” yang diusung Nazi Jerman, atau ruang hidup bagi ras pilihan.

“Sepertinya Israel mencoba melakukan hal Nazi terhadap ‘Israel Raya’,” kata salah satu warganet.

Konsep Israel Raya berakar pada interpretasi tertentu dari ideologi Zionis, yang menyatakan bahwa “tanah perjanjian” dalam Alkitab terbentang dari Sungai Nil di Mesir hingga Efrat di Irak, dan dari Sungai Litani di Lebanon hingga Madinah di Arab Saudi.

Penafsiran ini telah menjadi kontroversi sejak berdirinya Israel. Zionis dan pendukungnya melihat penafsiran ini sebagai ramalan agama.

Namun, para kritikus mengecamnya dan menyebutnya sebagai alasan ekspansionisme demi kedaulatan mereka.

Peta mengejutkan Israel ini muncul seiring tentara Zionis terus menginvasi Jalur Gaza sejak Oktober 2023. Akibat operasi mereka, lebih dari 37.000 orang di Palestina tewas.

(isa/rds)