Berita Gunung Semeru Erupsi Tiga Kali, Letusan Capai 1 KM

by


Jakarta, Pahami.id

Gunung SemeruBerpengalaman di Jawa Timur letusan tiga kali dengan letusan setinggi 1 kilometer pada hari ini, Sabtu (9/3).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Liswanto mengatakan, Gunung Semeru meletus pada pukul 08.28 WIB, 07.06 WIB, dan 06.23 WIB.

Pada pukul 08.29 WIB, ketinggian kolom erupsi tercatat sekitar 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 4.676 meter di atas permukaan laut, kata Liswanto dalam keterangan tertulisnya. di antara.


Menurut dia, kolom abu teramati berwarna putih hingga abu-abu dengan intensitas sedang ke arah timur laut dan saat laporan dibuat, erupsi masih berlangsung.

Sebelumnya, pada pukul 07.06 WIB juga terjadi erupsi Semeru dengan tinggi kolom abu vulkanik terpantau sekitar 700 meter di atas puncak atau 4.376 meter di atas permukaan laut.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Terpantau kolom abu berwarna putih hingga abu-abu dengan intensitas sedang ke arah utara dan saat dilaporkan erupsi masih berlangsung.

Letusan sebelumnya, kata dia, juga terjadi pada pukul 06.23 WIB dengan ketinggian kolom abu vulkanik terpantau sekitar 800 meter di atas puncak atau sekitar 4.476 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga abu-abu dengan intensitas sedang ke arah barat.

Gunung Semeru masih berstatus Siaga atau Level III, oleh karena itu PVMBG merekomendasikan masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di wilayah tenggara sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak pusat letusan.

Di luar jarak tersebut, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas dalam jarak 500 meter dari bantaran sungai (batas sungai) sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terkena dampak perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km. dari puncak.

Kemudian, masyarakat tidak diperbolehkan beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena terancam bahaya lemparan batu (flare).

Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi awan panas, guguran lahar, dan lahar di sepanjang sungai/lembah yang berasal dari puncak Gunung Semeru, khususnya di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat, serta di sepanjang sungai/lembah yang berasal dari puncak Gunung Semeru. potensi lahar di sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai Besuk Kobokan.

(pua/pua)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);