Berita Golkar Segera Gelar Rapat Pleno Tentukan Plt Ketum Pengganti Airlangga

by


Jakarta, Pahami.id

Wakil Ketua Jenderal Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya akan menggelar rapat paripurna untuk menentukan pengganti Plt Jenderal Airlangga Hartarto pada Selasa (13/8).

Rencananya paling lambat Selasa, Selasa, kata Doli di rumah dinas Widya Chandra, Jakarta, Minggu (11/8).

Doli tak menampik kemungkinan Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) dan Bahlil Lahadalia menjadi Pj Ketua Umum Golkar.


Namun, kata dia, hal itu akan dibahas dalam rapat paripurna.

Mekanismenya, setelah ada ketua yang mengundurkan diri, akan disampaikan dalam rapat paripurna. Nanti dalam rapat paripurna, surat pengunduran diri akan diterima dan kemudian dibahas dan diputuskan siapa yang akan menjadi eksekutornya, jelasnya. .

Doli mengatakan, Plt Ketua Umum Golkar akan bertugas mempersiapkan pemilihan ketua umum secara definitif.

Airlangga Hartarto resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar pada Sabtu (10/8) malam.

Hal itu ia sampaikan dalam video keterangan kepada seluruh kader Partai Golkar yang diterima CNNIndonesia.comMinggu (11/8).

“Jadi dengan itu dikatakan Bismillahirrahmanirrahim. Dengan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa. Maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri saya sebagai Ketua DPP Golkar. Pengunduran diri ini mulai berlaku tadi malam, Sabtu 2024, kata Airlangga dalam video tersebut.

Airlangga menjabat sebagai Ketum Partai Golkar sejak tahun 2017. Musyawarah Nasional Golkar yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2019 mengukuhkan Airlangga sebagai Ketum Golkar selama 2 periode.

Masa jabatan Airlangga sebagai Ketum Golkar seharusnya berakhir pada Desember 2024 bertepatan dengan penyelenggaraan Munas. Munas rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember 2024.

(Senin/Senin)