Berita Golkar Optimis Koalisi dengan Gerindra di DKI, Cagub Belum Tentu RK

by


Jakarta, Pahami.id

Pimpinan Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis mereka akan berkoalisi dengan Gerindra dalam pemilihan calon gubernur-wakil gubernur Jakarta Pilkada 2024.

Saat ini, kedua partai tengah mengupayakan calon gubernur untuk dicalonkan bersama. Belum tentu Ridwan Kamil.

Optimis dengan Gerindra. Kandidatnya sudah dibicarakan dengan Gerindra, kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6).


Airlangga mengatakan, ada beberapa pertimbangan untuk menentukan calon gubernur dan cawagub Jakarta yang akan dilantik bersama. Salah satunya dengan melihat tren elektabilitas berdasarkan beberapa survei.

Sementara soal nama Ridwan Kamil (RK) yang digadang-gadang bakal diusung Golkar, Airlangga masih belum bisa memastikan. Menurutnya, RK berpotensi berkembang di Jakarta atau Jawa Barat.

“Iya, kami belum memutuskan RK ke Jakarta. Nanti [calon untuk Jakarta dan Jawa Barat] Nanti diumumkan bersama-sama,” ujarnya.

Nama mantan RK Gubernur Jabar yang masuk dalam Pilkada Jakarta 2024 dan Kader Partai Golkar Jabar punya surat tugas dari partainya untuk bersaing di dua daerah tersebut.

Sebelumnya, sejumlah pengurus Golkar lebih condong mendorong RK bersaing di Jabar karena potensi menang. Meski demikian, sejumlah partai besar juga melirik RK untuk maju di Jakarta.

Pimpinan Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, RK sendiri yang meminta ikut kontes di Jakarta.

Dia mengatakan pihaknya mengajukan usulan kepada Ridwan Kamil untuk maju pada Pilgub DKI 2024 berdasarkan pertemuan dengan Gabungan Indonesia Maju (KIM).

Sedangkan hingga saat ini belum ada pernyataan dari RK terkait pemilihan gubernur tersebut.

(kr/bmw)