Berita Gerombolan Kapal Induk AS Mulai ‘Kepung’ Timteng, Siaga Lawan Iran?

by


Jakarta, Pahami.id

Armada kapal induk Amerika Serikat USS Abraham Lincoln dilaporkan mulai tiba dan memenuhi Timur Tengah pada hari ini, Kamis (22/8).

Al Jazeera melaporkan bahwa kelompok kapal induk serang dilengkapi dengan jet tempur F-35 dan satu skuadron tempur.


Komando Pusat Amerika Serikat (US Central Command) hari ini merilis video di X tentang kedatangan kapal-kapal tersebut. Dalam video berdurasi 22 detik tersebut, F-35 terlihat terbang menuju “wilayah tanggung jawab USCENTCOM”.

Kedatangan kapal induk AS ini menyusul seruan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada awal Agustus yang memerintahkan kapal tersebut tiba lebih cepat di Timur Tengah.

Austin memerintahkan hal ini di tengah ketegangan regional yang disebabkan oleh rencana serangan balik Iran terhadap Israel menyusul pembunuhan pemimpin biro politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

Haniyeh meninggal di kediamannya pada 31 Juli setelah menghadiri upacara pelantikan Presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian sehari sebelumnya.

Terkait pengerahan USS Abraham Lincoln, Austin mengatakan kapal-kapal tersebut akan menambah kekuatan pertahanan yang sebelumnya diamankan oleh kapal induk USS Theodore Roosevelt.

Selain kapal induk, Austin juga memerintahkan pengerahan kapal selam berpeluru kendali ke Timur Tengah.

(blq/rds)