Berita Gencatan Senjata Gaza Pekan Depan sampai Rusia Vonis Pembakar Al Quran

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyerukan gencatan senjata tahap kedua Gaza kemungkinan akan berlaku mulai awal minggu depan.

Selain itu, lembaga pemikir asal Inggris, Chatham House, memprediksi perubahan di Indonesia jika Prabowo Subianto menjadi presiden.

Berikut International Flash hari ini, Rabu (28/2).


Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap gencatan senjata di Gaza bisa dimulai awal pekan depan.

Saat ini, beberapa pihak tengah membahas kesepakatan tersebut, termasuk upaya penghentian pertempuran dan pembebasan sandera Israel di Gaza serta pertukaran sandera dan tahanan Palestina.

“Penasihat keamanan nasional saya mengatakan kepada saya bahwa kita sudah dekat, kita sudah dekat, dan… [perundingan] belum selesai,” kata Biden, dikutip AFP.

Pengadilan di Grozny, Chechnya, menjatuhkan hukuman tiga setengah tahun penjara kepada seorang pria Rusia karena membakar Alquran.

Kantor berita Rusia, TASS, mengabarkan pria tersebut bernama Nikita Zhuravel (20). Zhuravel ditangkap pada Mei 2023 setelah membakar Alquran di luar masjid di Volgograd, 800 kilometer dari Grozny.

Zhuravel mengaku bersalah atas tuduhan tersebut, berulang kali meminta maaf di pengadilan, dan mengatakan dia tidak memikirkan konsekuensi tindakannya. Komite Investigasi menuduh Zhuravel dibayar untuk membakar Alquran oleh intelijen Ukraina.

Lembaga pemikir asal Inggris, Chatham House, memperkirakan perubahan akan terjadi di Indonesia jika Prabowo Subianto menjadi presiden.

Dalam artikel opini bertajuk ‘Kesinambungan Prabowo berarti perubahan bagi Indonesia’ di situs lembaga tersebut, Direktur Program Asia Pasifik Chatham House Ben Bland menilai kemenangan Prabowo pada Pilpres 2024 sebagian besar disebabkan oleh pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi), mantan presidennya. saingannya dalam dua pemilu sebelumnya.

Bland juga menyebut kehadiran Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo tidak signifikan di pemerintahan. Menurut dia, peran dan kekuasaan wakil presiden di Indonesia sama lemahnya dengan di Amerika Serikat.

(tim/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);