Berita Daftar Tokoh Penerima Gelar Jenderal Kehormatan

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Pertahanan Prabu Subianto akan menerima promosi sebagai Jenderal kehormatan dari Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (28/2).

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengklaim, pemberian pangkat tersebut sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi Prabowo di bidang militer dan pertahanan.

Dahnil menjelaskan, Prabowo yang berpangkat Letjen akan diangkat menjadi Jenderal dengan cara yang khusus. Katanya, hal itu juga sudah diatur dalam UU No. 20 Tahun 2009.


Pemberian jabatan jenderal secara penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo terhadap dunia militer dan pertahanan, kata Dahnil kepada wartawan, Selasa (27/2).

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Dahnil mengatakan, Presiden Joko Widodo akan memberikan kenaikan pangkat pada Rapat Pimpinan TNI-Polri. Ia mengatakan, kenaikan pangkat tersebut juga diterima oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), AM Hendropriyono, dan beberapa tokoh militer lainnya.

Mengikuti CNNIndonesia.com Rangkuman daftar tokoh peraih pangkat kehormatan Jenderal (HOR):

Sarwo Edhie Prabu

Mantan Panglima Tentara Cenderawasih ini mendapat kenaikan pangkat kehormatan ke pangkat lebih tinggi dari Presiden Soeharto pada November 1997.

Sarwo Edhie mendapat kenaikan pangkat kehormatan saat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan.

Soesilo Soedarman

Selanjutnya, Presiden Soeharto juga menganugerahkan Soesilo sebagai Jenderal Kehormatan saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan RI pada Kabinet Pembangunan VI.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Soesilo juga pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi serta Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Agum Gumelar pernah diberi pangkat jenderal kehormatan oleh Presiden Abdurrahman Wahid (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Agum Gumelar

Purnawirawan TNI selanjutnya yang juga mendapat gelar Jenderal Kehormatan Bintang Empat adalah Agum Gumelar. Agum Gumelar mendapat promosi ini dari Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid.

Gelar Jenderal Kehormatan diterima Agum saat menjabat Menteri Perhubungan periode 1999-2001. Agum kemudian juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan.

Luhut Binsar Pandjaitan

Selain Agum Gumelar, Presiden Abdurrahman Wahid juga memberikan Jendral Kehormatan kepada Luhut Binsar Pandjaitan yang saat itu menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI periode 2000-2001.

Susilo Bambang Yudhoyono

Gelar Kehormatan Umum kemudian diberikan oleh Presiden kelima Megawati Soekarnoputri. Salah satu purnawirawan TNI yang menerimanya adalah Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY.

SBY mendapat promosi tersebut saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan pada masa pemerintahan Megawati.

Hari Sabarno

Tak hanya SBY, Presiden Megawati juga mengangkat Jendral Kehormatan hingga Hari Sabarno yang pernah dipercaya sebagai Menteri Dalam Negeri.

AM Hendropriyono

Terakhir, Presiden Megawati pun memberikan gelar Jenderal Kehormatan kepada Abdullah Mahmud Hendropriyono atau biasa dikenal AM Hendropriyono.

AM Hendropriyono mendapat kenaikan pangkat lebih tinggi saat diminta menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara periode 2001-2004.

(tfq/tidak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);