Berita Gencatan Senjata Diperpanjang, Israel Bebaskan 33 Tahanan Palestina

by
Jakarta, Pahami.id

Israel membebaskan 33 penghuni tambahan Palestina yang menjadi narapidana di beberapa Lapas pada Senin (27/11).

Pembebasan ini dilakukan menyusul kesepakatan dengan kelompok Hamas Palestina untuk memperpanjang gencatan senjata di Jalur Gaza. Puluhan warga Palestina dibebaskan dari beberapa penjara Israel, termasuk Damon, Mgiddo, Ofer, Ktzi’ot, Ramon, dan Nafha.


Sebagai imbalannya, Hamas juga membebaskan 11 sandera tambahan sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata yang diperpanjang.

Dikutip CNN, Hamas sejauh ini telah membebaskan 69 dari total sekitar 200 sandera. Sementara itu, Israel telah membebaskan sekitar 150 tahanan Palestina yang mayoritas adalah perempuan dan anak-anak.

Ratusan tahanan Palestina telah dipenjarakan di Israel tetapi tidak pernah dituntut secara resmi.

Gencatan senjata antara tentara Israel dan kelompok Hamas resmi diperpanjang selama dua hari terhitung Selasa (28/11) pagi waktu setempat.

“Kesepakatan telah dicapai untuk memperpanjang jeda kemanusiaan selama dua hari tambahan di Jalur Gaza,” kata pemerintah Qatar yang menjadi perantara kesepakatan tersebut, seperti dilansir Reuters.

Dengan demikian gencatan senjata akan berakhir pada Kamis (30/11).

Dalam perjanjian awal, Israel setuju untuk menambah satu hari gencatan senjata untuk setiap 10 sandera Hamas yang dibebaskan dari Gaza.

Artinya, selama 2 hari tambahan gencatan senjata, akan ada sekitar 20 sandera yang dibebaskan dari Gaza. Sementara itu, Israel juga sepakat untuk membebaskan tahanan Palestina dari penjara Israel sebanyak tiga kali lipat, artinya akan ada sekitar 60 warga Palestina yang akan dibebaskan.

(rds)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);