Berita Gelombang Tsunami 40 Cm Terjang Jepang Imbas Gempa di Filipina

by

Jakarta, Pahami.id

Badan Meteorologi Jepang mengungkap gelombangnya tsunami Pulau Hachijojima dilanda gempa setinggi 40 cm pada Minggu (3/12) akibat gempa berkekuatan 7,5 SR. Filipina.

Pulau ini terletak sekitar 290 kilometer (180 mil) di selatan ibu kota Tokyo.

Selain itu, Badan Meteorologi juga sebelumnya mengeluarkan peringatan akan terjadi tsunami yang akan melanda Jepang dengan ketinggian satu meter.


Saluran TV NHK juga sebelumnya menyebutkan gelombang tsunami akan mencapai pantai barat pada Minggu (3/12) dini hari sekitar pukul 01.30 waktu setempat.

Gempa berkekuatan 7,5 SR mengguncang wilayah Mindanao, Filipina, pada Sabtu (12/2) sore sekitar pukul 22.37 waktu setempat.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (ESMC) mengatakan gempa melanda Mindanao pada kedalaman 63 kilometer (39 mil).

Akibatnya, beberapa wilayah di Filipina dan pesisir barat daya Jepang sebelumnya berpotensi dilanda tsunami setelah dikeluarkan peringatan dari masing-masing negara.

[Gambas:Video CNN]

Sistem Peringatan Tsunami AS menyatakan Filipina tidak lagi berisiko terkena tsunami. Meski demikian, warga tetap diminta waspada karena adanya potensi peningkatan volume air di sejumlah wilayah pesisir.

Namun Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, PHIVOLCS, menyatakan risiko tsunami masih ada.

PHIVOLCS mengimbau masyarakat yang tinggal di dekat pantai Surigao Del Sur dan Provinsi Davao Oriental untuk segera mengungsi dan menjauh dari pantai.

Berbeda dengan wilayah lain di Filipina, kedua wilayah ini sebagian besar merupakan wilayah pedesaan dan tidak padat penduduk.

“Kapal-kapal yang berada di laut selama periode ini harus tetap berada di perairan dalam di lepas pantai sampai saran lebih lanjut diberikan,” saran PHIVOLCS.

Sedangkan gempa yang melanda Mindanao tidak berpotensi menimbulkan tsunami di Indonesia. Gempa hanya mengguncang wilayah Naha, Sulawesi Utara.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang Pulau Karatung, Sulawesi Utara, pada pukul 21:37 WIB. Pusat gempa terletak di 8,53 LU dan 126,69 BT, tepatnya di laut 420 km barat laut Pulau Karatung.

Hingga pukul 23.50 WIB, beberapa gempa susulan terjadi di sekitar Sulawesi Utara dengan magnitudo 5,2 hingga 6,2.

(pra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);