Berita Gedung Putih Yakin Hamas Segera Bebaskan Sandera Asal AS

by

Jakarta, Pahami.id

Penasihat Keamanan Nasional gedung PutihJake Sullivan, optimis sandera dari Amerika Serikat akan diterbitkan oleh Hamas hari ini, Minggu (26/11).

“Kami punya alasan untuk percaya bahwa salah satu dari orang Amerika ini akan dibebaskan hari ini,” kata Sullivan, Minggu (26/11).

Meski begitu, Sullivan menolak memberikan identitas sandera yang mungkin dibebaskan Hamas. Ketika ditanya apakah sandera yang akan dibebaskan mungkin adalah seorang gadis berusia empat tahun yang orang tuanya terbunuh, dia berkata: “Kami tahu siapa dia, tapi saya tidak bisa memastikannya.”


Israel dan Hamas sepakat untuk menukar 50 sandera yang ditahan oleh militan Palestina dengan 150 tahanan di penjara Israel selama gencatan senjata empat hari.

Mengutip Reuters, Hamas sejauh ini telah membebaskan 26 warga Israel dan empat warga Thailand yang disandera. Sementara itu, Israel telah membebaskan 78 warga Palestina.

Mesir, yang membantu menengahi kesepakatan tersebut, mengatakan pihaknya telah menerima daftar 13 warga Israel dan 39 warga Palestina yang dijadwalkan untuk pembebasan ketiga pada hari Minggu.

Ini adalah gencatan senjata pertama dalam konflik tersebut sejak pejuang Hamas melancarkan serangan di Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang.

Menanggapi serangan itu, Israel bersumpah untuk menghancurkan militan Hamas yang menguasai Gaza, mengebom daerah kantong tersebut dan melancarkan serangan darat di utara.

Akibat pemboman Israel, otoritas kesehatan Palestina menyebutkan sekitar 14.800 orang tewas dan sekitar 40 persen di antaranya adalah anak-anak.

(Reuters/dmi)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);