Berita Gaza Panas Lagi, Negosiasi Gencatan Senjata Disebut sedang Berlangsung

by

Jakarta, Pahami.id

Bicara tentang gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Hamas disebut terjadi di tengah kembalinya Israel ke Jalur Gaza pada hari ini, Jumat (1/12).

Hal ini diungkapkan oleh seorang sumber yang enggan disebutkan namanya AFP bahwa perundingan yang dimediasi Qatar dan Mesir masih berlanjut hingga saat ini.

“Negosiasi masih berlanjut dengan mediator Qatar dan Mesir meski serangan udara Israel kembali terjadi di Gaza,” kata sumber tersebut. AFPJumat (1/12).


Konsultasi tersebut dilakukan setelah pembicaraan intens mengenai perpanjangan gencatan senjata hingga hari kedelapan pada Kamis malam (30/11) gagal mencapai konsensus.

Pada Jumat (1/12), Israel kembali menyerang berbagai wilayah di Jalur Gaza dari utara hingga selatan, termasuk Rafah, perbatasan Gaza dengan Mesir.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, sedikitnya 21 orang tewas akibat serangan terbaru Israel.

Sebelum serangan ini terjadi, Israel mengklaim sistem pertahanan misilnya mampu mencegat roket yang ditembakkan dari Gaza. Klaim tersebut muncul satu jam sebelum gencatan senjata berakhir.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan bahwa roket tersebut terdeteksi oleh sirene Iron Dome yang berbunyi di kawasan komunitas dekat Jalur Gaza.

Menurut militer Israel, roket ini merupakan yang pertama diluncurkan dari Gaza sejak hari pertama gencatan senjata. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggambarkan peluncuran roket tersebut sebagai pelanggaran terhadap perjanjian gencatan senjata.

Hamas sejauh ini belum mengomentari berita mengenai pembicaraan untuk kembali ke gencatan senjata.

(blq/wiw/bac)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);