Berita Ganjar Ingin IKN Jadi Pusat Gravitasi Baru Regional

by


Jakarta, Pahami.id

calon presiden nomor urut 3, Hadiahi Pranowo mendorong Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) menjadi pusat gravitasi baru Indonesia di kawasan pada masa depan.

Hal tersebut disampaikan Ganjar dalam pemaparannya pada debat Pilpres ketiga, Minggu (7/1). Ganjar mengatakan, pertahanan Indonesia harus memasuki teknologi 5.0.


“Dan gelar militer perlu kita menyelenggarakannya karena IKN adalah pusat gravitasi baru, dan ini adalah bagian dari perjuangan global yang diharapkan antara Amerika Serikat dan Tiongkok (China),” kata Ganjar.

Ia mengatakan, hubungan internasional Indonesia harus disesuaikan dengan situasi geopolitik internasional. Ganjar mengatakan Indonesia menganut sistem politik yang bebas dan aktif.

Artinya Indonesia tidak terikat dengan blok Barat atau Timur. Namun situasi ini masih perlu disesuaikan dengan kondisi global. Namun terlepas dari itu, Ganjar menilai pentingnya hubungan luar negeri juga menyangkut peluang kerja Indonesia di luar negeri.

Kepentingan nasional harus menjadi nomor satu karena yang penting harus ada redefinisi yang bebas aktif disesuaikan dengan situasi saat ini, kata Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat ketiga Pilpres 2024 siang tadi, Minggu (7/1). Debat digelar di Istora Senaya, Jakarta.

Dalam debat ini, tiga calon presiden saling bersaing. Mereka adalah Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Tema perdebatan berkisar pada pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional dan kebijakan luar negeri.

Masing-masing calon presiden diberi waktu untuk menjelaskan visi dan misinya di awal debat. Setelah itu, dilanjutkan dengan pertanyaan dari anggota panel yang dibacakan oleh moderator dan kemudian dilanjutkan dengan segmen tanya jawab antar calon presiden.

Debat ini dipandu oleh dua moderator yang merupakan jurnalis MNC Group yaitu Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi. MNC Group dan Garuda TV terpilih sebagai stasiun televisi penyiaran.

(melalui/kembali)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);