Berita Eks Presiden Mahmoud Ahmadinejad Gagal Lolos Seleksi Capres Iran

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad sekali lagi gagal lolos pemilu sebagai calon presiden (capres) Iran.

Kementerian Dalam Negeri Iran pada Minggu (9/6) mengumumkan enam calon presiden yang disetujui Dewan Penjaga. Dari enam calon, Ahmadinejad tidak disebutkan namanya.


Mereka yang lolos termasuk pendukung setia dan perwakilan pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei di Dewan Keamanan Nasional, Saeed Jalili; Ketua Parlemen Mohammad Bagher Ghalibaf; dan anggota parlemen reformis Masoud Pezeshkian.

Kemudian mantan Menteri Kehakiman dan Dalam Negeri Amir-Hossein Ghazizadeh Hashemi; Wakil Presiden Iran saat ini Mohammad Mokhber; dan Walikota Teheran Alireza Zakani.

Sedangkan yang tidak memenuhi syarat antara lain Ahmadinejad, mantan ketua parlemen Ali Larijani, dan mantan Wakil Presiden Es’haq Jahangiri.

Dilansir Iran International, pemilu kali ini serupa dengan pola pemilu tahun 2021, di mana Ahmadinejad dan Larijani juga ditolak untuk mencalonkan diri. Hanya kandidat eselon dua yang ‘moderat’ yang diperbolehkan maju.

Beberapa analis juga percaya bahwa pemilu tahun ini kemungkinan besar akan menjadi pertarungan antara Jalili, mantan negosiator nuklir dan penentang Barat, dan Ghalibaf, mantan jenderal di Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) dan seorang politisi yang fleksibel.

Pemilu Iran akan digelar pada 28 Juni menyusul meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter pada 19 Mei bersama rombongan.

(blq/baca)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);