Berita Dunia Tak Berdaya, OKI Harus Bersatu Bela Palestina

by

Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo mengajak 57 negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk bersatu dalam pertahanan Palestina.

Jokowi mengatakan OKI mewakili sepertiga dari seluruh negara di dunia. Ia berharap negara-negara OKI bersama-sama membela Palestina.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Dunia seolah tak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina, maka saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” kata Jokowi di Washington DC, yang disiarkan di acara Kepresidenan. Saluran YouTube Sekretariat. , Senin (13/11).

Jokowi mendesak gencatan senjata antara Israel dan Hamas segera dilakukan. Ia pun meminta perundingan damai segera digelar.

Selain itu, Jokowi berharap bantuan kemanusiaan dapat ditingkatkan dan penyalurannya dipercepat. Ia juga meminta agar tidak ada penyerangan terhadap fasilitas umum.

[Gambas:Video CNN]

Jokowi mengatakan, KTT Luar Biasa OKI di Riyadh akhir pekan lalu telah merumuskan resolusi. OKI mengutus Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk memperjuangkan resolusi ini ke dunia barat.

“Inilah pesan yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden besok, dimana ini adalah suara 57 negara atau 1/3 suara negara-negara di dunia,” ujarnya.

Perang antara Hamas dan Israel telah berlangsung sekitar sebulan. Korban tewas di Palestina sudah melebihi 11 ribu orang. Serangan Israel mulai menargetkan fasilitas umum, seperti Rumah Sakit Al Shifa.

“Kami mencatat pasukan pendudukan (Israel) melakukan lebih dari 1.130 pembantaian dan jumlah korban mencapai lebih dari 11.100 orang terbunuh, termasuk lebih dari 8.000 anak-anak dan perempuan, serta jumlah korban luka lebih dari 28 ribu orang,” tulisnya. . Kantor media pemerintah Gaza seperti dikutip Anadolu Agency.

(dhf/bac)