Berita DPR Berencana Bentuk Pansus Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024

by


Jakarta, Pahami.id

DPR bermaksud membentuk panitia khusus (pansus) untuk mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2024.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengatakan pembentukan pansus diharapkan mencakup masalah keuangan dan manajemen.

“Untuk melihat variabelnya antara lain pengelolaan keuangan haji, pengelolaan kuota, akses layanan haji yang tepat, fasilitas haji yang tepat. Setidaknya masih banyak lagi perguruan tinggi yang kelebihan kapasitas. Artinya, harga penerbangannya tidak terlalu mahal, mengingat efisiensi biaya berangkat haji, kata Diah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (18/6).


Menurutnya, berbagai aspek haji perlu dibahas secara mendalam. Hal ini juga perlu dibahas lintas komisi di DPR.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Diah belum bisa memastikan kapan pansus itu akan dibentuk. Namun, dia menyatakan DPR harus menyelesaikan rapat panitia kerja (panja) terlebih dahulu.

“Nanti Haji Panja kita tutup dulu baru kita bentuk pansus. [tahu] kenapa banyak sekali korbannya? Bagi Panja saja tidak cukup karena lebih ke pengorganisasian. “Pansus lebih mementingkan perbaikan sistem,” jelasnya.

Secara terpisah, Ketua DPR Puan Maharani membenarkan adanya rencana pembentukan pansus untuk mengevaluasi pelaksanaan haji tahun ini.

Katanya, sebenarnya penyelenggaraan haji lebih kondusif dibandingkan tahun lalu. Meski demikian, DPR masih perlu melakukan evaluasi mendalam untuk meningkatkan pelayanan.

Tim Pengawas Haji (Timwas) DPR berencana membentuk panitia khusus untuk mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji 2024. Meski pelaksanaan ibadah haji tahun ini lebih kondusif dibandingkan tahun lalu, namun kualitas pelayanan harus tetap terjaga. membaik,” kata Ny.

Beberapa aspek yang menjadi perhatian Tim Haji DPR adalah terkait pengelolaan kuota haji, petugas haji, dan anggaran haji.

DPR RI akan mendengar laporan resmi dari Panitia Haji. Dan tentunya kami DPR akan mendukung langkah-langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi ibadah haji, kata Puan.

(ya/bmw)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);