Berita Diserang Israel, RS Nasser Kini Sepenuhnya Tak Berfungsi

by


Jakarta, Pahami.id

Rumah Sakit Nasser di Lane GazaPalestina kini dikabarkan sudah tidak berfungsi penuh setelah diserang tentara Israel Beberapa hari yang lalu.

“Hanya ada empat staf medis yang merawat pasien di Rumah Sakit Nasser di kota selatan Khan Younis,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qidra kepada AFP. ReutersMinggu (18/2).

Ia mengatakan, kompleks medis Nasser yang merupakan rumah sakit terbesar di Gaza, Palestina, merupakan tulang punggung pelayanan kesehatan di selatan Jalur Gaza.


“Menghentikan fungsinya adalah hukuman mati bagi ratusan ribu pengungsi Palestina di Khan Younis dan Rafah,” ujarnya.

Qidra mengatakan kekurangan bahan bakar dan perkelahian di sekitar rumah sakit membuat fasilitas tersebut tidak dapat digunakan.

Tentara Israel menyerbu rumah sakit tersebut pada Kamis (15/2) lalu. Mereka menangkap beberapa orang di Rumah Sakit Nasser dan menahan banyak staf medis di sana.

Reuters melaporkan bahwa pasukan Israel mengatakan mereka memburu militan di Nasser dan sejauh ini telah menangkap 100 orang di sana, membunuh seorang pria bersenjata di dekat rumah sakit dan menemukan senjata di dalamnya.

Hamas membantah tuduhan bahwa pejuangnya menggunakan fasilitas medis untuk perlindungan. Setidaknya dua sandera Israel yang dibebaskan mengatakan mereka ditahan di Nasser.

Sekitar 10.000 orang mencari perlindungan di rumah sakit awal pekan ini, namun banyak yang meninggalkan Rumah Sakit Nasser untuk mengantisipasi serangan Israel atau karena perintah untuk mengevakuasi rumah sakit, kata Kementerian Kesehatan Gaza.

(pua/pua)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);