Berita Dinamika Politik Terkini Jelang Pilkada di Sejumlah Wilayah Strategis

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Pendaftaran pasangan calon di Pilkada Serentak Provinsi Tahun 2024 semakin dekat dan akan dibuka pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

Masih ada waktu kurang lebih 20 hari lagi sebelum masa pendaftaran. Dinamika politik semakin memanas.

Berikut ini CNNIndonesia.com rangkum dinamika terkini menjelang masa pendaftaran calon.


1. Anies berpotensi gagal berlayar di Jakarta

Lalu, PKS menyebut ada kemungkinan Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta akan gagal setelah sebelumnya sempat mengumumkan bakal mendukung mereka.

Juru Bicara sekaligus Wakil Sekjen DPP PKS Zainudin Paru mengatakan Anies gagal mencari mitra koalisi untuk menambah kekurangan 4 kursi di DPRD Jakarta.

Menurut dia, PKS memberi waktu 40 hari kepada Anies. Namun Anies dinilai belum mampu menggaet dukungan pihak lain.

Karena baru mendapat SK dari PKS, Anies dan Shohibul Imam (AMAN) bisa saja gagal menjadi cagub/cawagub DKJ, kata Zainudin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/8).

Isu ini muncul bersamaan dengan wacana pembentukan KIM Plus di Jakarta nanti.

2. RK Golkar Maju di Jakarta

Ridwan Kamil membenarkan dirinya ditugaskan Partai Golkar untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu disampaikannya usai mengunjungi rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Pimpinan Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8).

“Saya mau bilang apa soal urusan saya, baru dikukuhkan, walaupun belum resmi ya, kalau resmi ya di tempat yang seharusnya. Artinya saya sudah resmi diminta mencalonkan diri sebagai Gubernur Khusus. Provinsi Jakarta dari Partai Golkar,” kata RK usai pertemuan.

RK mengatakan, pengumuman resmi pencalonannya di Jakarta akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman calon wakil gubernurnya.

3. KIM Sosialisasikan Demul di Jabar

Usai RK bertarung di Jakarta, KIM Plus disebut-sebut sepakat mencalonkan Dedi Mulyadi pada Pilkada Jabar 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebelumnya membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, manajemen partainya sudah mencapai kesepakatan untuk memboyong Dedi ke Jabar.

Kemudian juga terjadi pertemuan antara Calon Gubernur Jabar Saudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar termasuk Wakil Ketua Pak Ade Ginanjar hingga pembahasan mencapai tahap itu, kata Airlangga, Jumat (2/8).

4. PKS Datangkan Bobby ke Sumut

PKS resmi mendukung Bobby dan Bupati Asahan, Surya sebagai calon gubernur pada Pilkada Sumut 2024.

Usai mendapat dukungan tersebut, Bobby mengaku mempunyai pandangan yang sama dengan PKS untuk membangun Sumut lebih baik. Bobby menyambut baik dukungan yang diberikan PKS.

Karena pandangan kami terhadap pembangunan Sumut konsisten dan sependapat, ujarnya.

Selain itu, ia juga bercerita bahwa dirinya telah menjalin kontak dengan UKM. Dalam komunikasi tersebut, dia dan PKS ternyata sepakat.

Dengan dukungan PKS, Bobby yang juga menantu Presiden Jokowi kini mendapat dukungan delapan partai politik untuk bertarung di Pilgub Sumut antara lain Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PKB, NasDem, PPP dan PKS.

(tanggal/Agustus)