Berita Didesak Keluarga Sandera, Netanyahu Mau Negosiasi Lagi dengan Hamas

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Benyamin Netanyahu mengatakan Israel sedang merundingkan kemungkinan pembebasan sandera yang masih ditahan di Jalur Gaza oleh Hamas.

Pernyataan ini disampaikan Netanyahu menanggapi tekanan dari keluarga sandera Hamas.


“Kami sedang melakukan kontak saat ini,” kata Netanyahu kepada keluarga tawanan TASSJumat (29/12).

Netanyahu mengatakan pihaknya kini berupaya mendeportasi seluruh warga Israel yang masih disandera Hamas. Dia menambahkan bahwa Qatar dan Mesir juga telah membuat proposal terpisah untuk menangani masalah ini.

Meski begitu, Netanyahu enggan merinci status perundingan yang sedang berlangsung. Dia hanya memastikan Israel berusaha membebaskan seluruh sandera dari tangan Hamas.

[Gambas:Video CNN]

“Kami berupaya memulihkan semuanya. Ini adalah tujuan kami,” kata Netanyahu.

Netanyahu mengatakan hal itu saat bertemu dengan keluarga para sandera yang terus mendesak pemerintah Israel untuk segera memulangkan kerabat mereka.

Pertemuan dengan keluarga sandera terjadi sebelum rapat kabinet perang. Kabinet perang Israel berencana membahas usulan Qatar dan Mesir untuk menawarkan mediasi dalam konflik Israel-Hamas.

Pada Minggu (24/12), TV Berita Asharq melaporkan bahwa Mesir menawarkan rencana tiga fase kepada Israel dan Hamas untuk menyelesaikan konflik Gaza.

Fase pertama mencakup pemberlakuan gencatan senjata selama dua minggu di Gaza dengan kemungkinan perpanjangan, pertukaran sandera dan tahanan, penghentian permusuhan dengan Israel, penarikan tank, dan penyediaan pasokan tambahan bantuan keamanan kepada Israel. Gaza.

Fase kedua mencakup peluncuran dialog nasional Palestina untuk menjembatani kesenjangan kepemimpinan Palestina dan membentuk pemerintahan teknokratis.

Fase ketiga mencakup gencatan senjata komprehensif di Gaza, penarikan pasukan Israel dari daerah kantong tersebut, dan pembebasan pasukan Israel yang dikuasai Hamas.

(blq/baca)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);