Berita Dicap Moskow Agen Asing, Komedian Rusia Maxim Galkin Ditolak Masuk RI

by


Jakarta, Pahami.id

Berita tentang komedian asli Rusia Maxim Galkin yang ditolak masuk wilayah Indonesia viral di media sosial beberapa hari lalu.

Galkin adalah seorang komedian asal Rusia yang tinggal di Israel. Melalui akun Instagramnya, Galkin menjelaskan dirinya ditolak masuk oleh imigrasi saat tiba di Indonesia melalui Bali.


“(Paspor saya ditolak) sesampainya di Indonesia. Sementara visa kerja saya sudah diterima dua hari sebelumnya, begitu pula semua dokumen yang diperlukan,” kata Galkin dalam unggahan Instagram-nya.

Dikutip Pos Pagi Tiongkok SelatanGalkin ditolak masuk ke Indonesia setelah sebelumnya berkunjung dari Thailand.

Di Thailand, Galkin disebut-sebut terjerat masalah imigrasi dan terancam deportasi. Awalnya Galkin ingin tampil di Thailand, namun tiba-tiba dibatalkan oleh pemilik venue.

Galkin mengatakan, saat mendekati imigrasi Bandara Bali, ia diperlihatkan surat dari pemerintah Rusia yang meminta pihak berwenang Indonesia untuk menolaknya masuk.

Moskow mencap Galkin, penyanyi utama grup Bi-2, sebagai “agen asing”. Galkin dan kelompoknya dikenal bersuara menentang Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ia juga vokal menentang invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan Galkin dan Bi-2 mendukung terorisme karena mereka secara terbuka mendukung Ukraina.

Namun dalam unggahan Instagramnya, Galkin mengaku larangan masuk ke Indonesia bukan karena dirinya masuk daftar hitam negara tersebut.

“Ini bukan soal daftar hitam. Mereka menulisnya di dokumen (imigrasi). Tidak ada kebencian terhadap saya juga. Petugas imigrasi sangat sopan kepada saya,” kata Galkin.

Alasannya, yang berulang kali saya sampaikan kepada petugas perbatasan, adalah surat dari pemerintah Rusia yang meminta saya tidak mengizinkan saya masuk ke Bali, kata Galkin.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia juga angkat bicara mengenai masalah ini.

Dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal mengatakan permasalahan Galkin sepenuhnya karena faktor imigrasi.

Berdasarkan informasi Direktorat Jenderal Imigrasi, penolakan Maxim Galkin masuk wilayah Indonesia sepenuhnya karena alasan keimigrasian, kata Iqbal.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);