Berita Deret Fakta Menteri-Wamen yang Akan Digembleng Prabowo di Lembah Tidar

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Presiden Prabu Subianto akan menyenangkan menteri Kabinet Merah Putih setelah pelantikan ratusan pejabat dalam dua hari terakhir.

Ratusan orang tersebut terdiri dari 48 menteri, 55 wakil menteri, lima kepala lembaga negara setingkat menteri, dan seorang wakil kepala staf presiden.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 Oktober 2023 di Lembah Gunung Tidar, Magelang. Beberapa fakta dan agenda yang akan dilakukan antara lain sebagai berikut:


Diikuti oleh seluruh menteri dan wakil menteri

Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi mengatakan, agenda pelatihan di Magelang akan jauh lebih lengkap dibandingkan rapat kabinet paripurna pertama yang digelar di Istana Negara, Rabu (23/10) karena akan diikuti seluruh menteri dan wakil menteri.

Namun Hasan masih enggan membeberkan detail agenda dan materi apa saja yang akan disiapkan dalam ‘ospek’ kali ini.

“Jadi ini adalah sebuah tim bangunan“Tetapi pada saat yang sama juga ada koordinasi antar kementerian,” kata Hasan di Gedung Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Prabowo dan Gibran hadir

Hasan juga memastikan akan hadirnya Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Prabowo akan berangkat menggunakan pesawat kepresidenan.

Nanti Wakil Presiden juga akan hadir di Magelang, ujarnya.

Para Menteri dan Wakil Menteri lepas landas menggunakan pesawat TNI AU

Hasan juga mengungkapkan, pembantu Prabowo akan berangkat dari Jakarta menuju Magelang menggunakan pesawat khusus. Mereka dijadwalkan berangkat hari ini, Kamis (24/10) pukul 13.30 WIB.

“Kami lepas landas menggunakan pesawat TNI AU,” ujarnya.

Seragam khusus disediakan

Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengungkapkan, para menteri Kabinet Merah Putih akan mengenakan seragam saat menjalani pelatihan di Akademi Militer di Lembah Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Toni, sapaan akrabnya, mengatakan seragam sudah dibagikan.

Selain seragam, ada kemeja, dua pasang kalau tidak salah, (warna) putih dan khaki. Lalu ada sepatu, kaos olahraga, dan topi, kata Toni saat ditemui di Istana Negara. , Jakarta, Rabu (23/10).

Tinggal di tenda

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Ferry Noor sebelumnya juga mengungkapkan, para menteri dan wakil menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran akan menginap di tenda selama agenda pelatihan tersebut.

Informasinya tiga sampai empat hari, dan dia menginap di tenda, kata Afriansyah.

Pengikatan kabinet

Ketua Satgas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengoordinasikan visi misi presiden dengan para pembantunya di kabinet.

“Ada penyelarasan visi yang akan dilakukan di Akmil selama tiga hari. Setelah itu baru dimulai pengerjaannya,” kata Dasco di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10).

Namun Dasco mengaku belum mengetahui materi apa yang akan diberikan kepada menteri dalam upacara tersebut. Ia mengatakan, dirinya tidak ikut serta dalam penyelenggaraan upacara tersebut.

Petunjuk untuk 100 hari pertama kerja

Dasco juga menyatakan akan menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah pada awal masa jabatan pemerintahan. Sebab, Prabowo ingin seluruh anak buahnya paham dan paham betul program apa yang akan diusung.

“Langkah-langkah akan diambil, terutama mungkin dalam 100 hari ke depan,” ujarnya.

presentasi Menteri

Menteri Kebudayaan Fadli Zon mengatakan, dalam kegiatan kru tersebut, para menteri akan diminta menjelaskan berbagai program dan kebijakan yang akan dilaksanakan ke depan berdasarkan hasil kajian.

Namun, ia juga mengaku masih belum mengetahui materi apa saja yang akan diberikan.

“Saya pikir ini adalah upaya yang baik pembangunan tim“Kalau tidak, salah satunya juga akan koordinasi terkait bidang kita masing-masing,” kata Fadli di Kantor Kemendikbud, Senin (21/10).

Alasan memilih Lembah Tidar

Presiden Prabowo mengungkap alasan Akademi Militer, Lembah Tidar, Magelang dipilih sebagai tempat pelatihan para menteri Kabinet Merah Putih. Magelang, kata Prabowo, merupakan salah satu pusat perlawanan terhadap penjajah. Ia ingin semangat juang itu menular ke kabinetnya.

Prabowo mengatakan, ujian kemerdekaan Indonesia ada di provinsi, bukan di Jakarta.

“Pusat perlawanan kita terhadap penjajah telah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu sebagai darah perjuangan Pangeran Diponegoro di antara lima gunung. Saya kira cukup menghadirkan aura tradisi keberanian, tradisi kepahlawanan, dan tradisi kepahlawanan. tradisi kepahlawanan. cinta tanah air,” kata Prabowo saat membuka sidang kabinet pertama di Kantor Presiden, Jakarta. , Rabu (23/10).

Prabowo mengaku mengutamakan kerja sama tim. Oleh karena itu, ia ingin memulai kerja pemerintahan dengan membangun kerja tim di antara seluruh anggota kabinet.

(kr/DAL)