Berita Demokrat Nilai Putusan MK soal Ambang Batas Parlemen Tepat

by


Jakarta, Pahami.id

Kepala Bappilu Partai demokrat Andi Arief menilai putusan MK terkait aturan ambang batas parlemen atau ambang batas parlemen (PT) empat persen perlu diubah sebelum hak pemilu 2029.

Andi Arief menilai keputusan tersebut memberikan keadilan terhadap suara masyarakat dalam pemilu.


“Putusan MK terkait penghapusan PT 4 persen mulai tahun 2029 sudah tepat, adil bagi suara rakyat,” kata Andi Arief kepada CNNIndonesia.comJumat (1/3).

Andi Arief menilai, jika diperlukan, pembatasan lainnya juga bisa dibahas di parlemen pada periode mendatang. Ia mengatakan masih banyak pilihan lain yang juga bisa memperbaiki pemilu di Indonesia.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Kalau perlu, pembatasan lain nanti bisa dibahas di parlemen 2024-2029. Ada banyak pilihan bagus,” ujarnya.

Ia meyakini penyebab permasalahan pemilu di Indonesia selama ini karena pemilu presiden dan legislatif diselenggarakan secara bersamaan. Menurut dia, jika pemilu legislatif digelar lebih awal, kemungkinan presiden melakukan hubungan seksual semakin kecil.

“Ini awal bencana bagi demokrasi kita,” ujarnya.

Sebelumnya, MK memutuskan ambang batas parlemen sebesar 4 persen akan tetap berlaku pada Pemilu Serentak 2024. Namun, MK juga memutuskan ambang batas konstitusional parlemen akan tetap berlaku pada Pemilu 2029.

Agar ambang batas parlemen tetap bisa digunakan pada pemilu mendatang, MK memerintahkan perubahan. Sebab, selama ini ambang batas parlemen dibuat tanpa perhitungan yang jelas.

Menyatakan norma Pasal 414 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu… adalah konstitusional sepanjang masih berlaku untuk Pilkada 2024 dan bersyarat secara konstitusional untuk berlaku pada Pilkada 2029 dan selanjutnya. sepanjang ada perubahan,” kata ketua majelis hakim MK Suhartoyo saat membacakan putusan di Gedung MK, Jakarta, Kamis (29/2).

Juru bicara Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih pun menegaskan keputusan tersebut tidak menghilangkan atau menghilangkan ambang batas parlemen. Mahkamah Konstitusi menyerahkan kepada pembentuk undang-undang untuk menentukan ambang batas parlemen yang rasional dengan menggunakan metode kajian yang jelas dan komprehensif.

Mahkamah Konstitusi memberi batas waktu kepada anggota parlemen untuk mengubah aturan ambang batas parlemen sebelum pemilu 2029 dimulai. Sehingga pemilu 2029 ke depan akan menggunakan aturan yang diubah.

(mnf/chri)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);