Berita Debat Pilgub DKI, Polisi Kerahkan Pasukan Khusus untuk 3 Paslon

by


Jakarta, Pahami.id

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, polisi telah mengerahkan tim khusus tiga pasangan calon (paslon) jelang debat pertama. Pilkada DKI Jakarta 2024.

Menurutnya, upaya ini untuk mencegah terjadinya gesekan antar massa pendukung calon jelang debat yang digelar di JIExpo Kemayoran, Minggu (6/10) sore.

“Kami menyiapkan tim khusus untuk masing-masing paslon agar tidak terjadi gesekan antar massa paslon,” kata Susatyo di JIExpo Kemayoran, Jakarta.


Susatyo menjelaskan, sebanyak 1.634 anggota Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat telah bersiap memberikan pengamanan pada debat Pilgub DKI Jakarta yang pertama.


Nantinya, ribuan petugas akan disebar ke pelataran 1 yang berada di dalam area debat, serta pelataran 2 dan pelataran 3 yang berada di luar lokasi debat.

“Karena yang diundang tiap pasangan calon hanya sekitar 110 orang, tapi yang datang kemarin [pengambilan nomor urut] “Bisa mencapai 500-600 orang, keduanya dari tiga pasangan calon,” ujarnya.

Susatyo juga menjelaskan, polisi telah menyiapkan tempat khusus bagi pendukungnya agar tidak diundang oleh pasangan calon. Namun, ia mengimbau masyarakat yang tidak diundang untuk tetap menjaga ketertiban dan bersikap dewasa dalam berdemokrasi saat debat berlangsung malam ini.

“Jangan saling memprovokasi, apalagi mungkin terjadi dinamika situasi perdebatan, tentunya kita juga berharap massa yang tidak diundang di luar tidak terpengaruh dengan situasi perdebatan di dalam,” ujarnya.

Debat Pilgub Jakarta 2024 hari ini dimulai pukul 19.00 WIB di JIExpo Kemayoran. Tema debat perdana kali ini adalah “Penguatan Sumber Daya Manusia dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global”.

Dua jurnalis MNC Group, Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki ditunjuk KPUD DKI Jakarta sebagai moderator.

(rzr/sfr)