Berita Daftar Petinggi Hamas yang Tewas Dibunuh Militer Israel

by

Jakarta, Pahami.id

Perang antar Israel dengan Hamas di Jalur Gaza berlanjut selama lebih dari setahun.

Meski telah melakukan gencatan senjata pada November 2023, hingga kini Israel terus menyerang Gaza dan membunuh puluhan ribu warga sipil, dengan dalih menyasar pejabat senior Hamas.

Selama setahun terakhir, Israel dilaporkan telah membunuh beberapa pejabat tinggi dari kelompok milisi Palestina yang didukung Iran.


Siapa mereka? Berikut daftar pejabat Hamas yang tewas akibat serangan Israel.

Yahya Sinwar

Israel mengumumkan pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, tewas dalam serangan pasukan Zionis di Rafah, selatan Gaza, pada Rabu (16/10) waktu setempat.

Sinwar meninggal hanya dua bulan setelah menggantikan mendiang mantan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, yang terbunuh di Teheran, Iran pada Juli 2024.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru mengumumkan kematian Sinwar keesokan harinya setelah Israel melakukan tes biometrik dan DNA.

Seorang pejabat Israel mengatakan Sinwar terbunuh dalam bentrokan dengan pasukan Israel. Sementara itu, tentara Israel mengatakan dia terbunuh setelah mereka melepaskan tembakan dari tank.

Ismail Haniyah

Pada 31 Juli 2024, Israel juga membunuh mantan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh. Israel dilaporkan menyerang Haniyeh di kediamannya di Teheran, Iran.

Garda Nasional Iran (IRGC) menyebut serangan itu dilakukan pada dini hari waktu setempat.

Sehari sebelumnya, Haniyeh baru saja bertemu dengan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Iran, Masoud Pezeshkian. Kehadiran Haniyeh di Teheran sebelum meninggal adalah untuk menghadiri pelantikan Presiden Pezeshkian.

Muhammad Deif

Pada awal 13 Juli, Israel juga membunuh komandan tentara Hamas, Mohammad Deif, di Gaza selatan. Tuduhan kematian Deif muncul sehari setelah pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh dibunuh di Iran.

Seorang pejabat militer Israel mengatakan kepada CNN bahwa mereka menerima informasi intelijen baru dalam beberapa jam terakhir. Informasi ini meyakinkan mereka untuk mengkonfirmasi kematian Deif.

Marwan Isa

Marwan Isa adalah wakil komandan tentara Hamas, Muhammad Deif. Pada Maret 2024, tentara Israel mengaku telah membunuh Yesus.

Isa sendiri dikenal sebagai “manusia bayangan” oleh orang Palestina. Pasalnya, ia dinilai pandai bersembunyi sehingga menyulitkan Israel mengetahui keberadaannya.

Bersama para pemimpin Hamas lainnya, Isa biasa membentuk dewan rahasia yang beranggotakan tiga orang. Dewan rahasia tersebut dibentuk dengan tujuan membantu Hamas melaksanakan operasi strategis.

Rawi Mushtaha

Pada 3 Oktober 2024, Israel juga mengaku telah membunuh salah satu pendiri Hamas, Rawhi Mushtaha.

Mushtaha adalah salah satu orang kepercayaan Yahya Sinwar. Bersama Sinwar, Mushtaha mendirikan aparat keamanan pertama Hamas pada akhir 1980-an. Pasukan keamanan ini bertugas melacak dan membunuh warga Palestina yang dituduh sebagai mata-mata Israel.

Meski Israel mengklaim dia terbunuh, Hamas belum mengonfirmasi kabar tersebut. Dilaporkan Reutersmereka tidak menyangkal maupun membenarkan kabar tewasnya Mushtaha oleh tentara Israel.

Lanjutkan ke halaman berikutnya…

Saleh Al-Asouri

Israel juga membunuh kepala biro politik Hamas, Saleh Al-Asouri, pada Januari 2024.

Menurut CNN, saluran media Hamas Al Aqsa TV melaporkan bahwa Saleh Al Arouri “telah menjadi martir dalam serangan udara Zionis yang berbahaya di Beirut”.

Kediaman Al Arouri di Aroura juga dihancurkan tentara Israel pada Oktober lalu. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan, saat itu pasukan mereka sedang beroperasi di kota tersebut untuk menghancurkan kediaman Saleh Al Arouri.

Ayman Nofal

Tentara Israel juga membunuh salah satu komandan tertinggi Hamas, Ayman Nofal, yang sedang bertugas di kamp pengungsi Bureij, Gaza.

Tewasnya Nofal dibenarkan langsung oleh kelompok sayap bersenjata Hamas, Brigade Izz el-Deen Al-Qassam, akibat serangan udara Israel pada Selasa, 17 Oktober 2023.

“Ayman Nofal, ‘Abu Ahmad’, anggota dewan umum militer dan komandan komandan pusat Brigade Al-Qassam, tewas,” kata Hamas, seperti dikutip WION.

Nofal merupakan tokoh berpengaruh di Hamas dalam pembuatan senjata dan mengarahkan roket yang ditembakkan ke Israel. Selain itu, Nofal tercatat menjabat sebagai kepala intelijen Hamas.

[Gambas:Infografis CNN]

Billal Al-Qedra

Israel juga membunuh salah satu komandan Hamas, Billal al-Qedra.

Dilansir dari CNN, juru bicara IDF, Letnan Kolonel Peter Lerner, mengatakan bahwa Billal yang diduga memimpin penyerangan ke pemukiman Kibbutz atau Nirim di dekat perbatasan Israel, tewas dalam serangan Israel.

“Ini menunjukkan bahwa kita mempunyai intelijen untuk menghilangkan kepemimpinan Hamas hingga teroris yang menganiaya, menembus dan membunuh bayi di kamar tidur mereka. Jadi, operasi sedang berlangsung,” kata Lerner.

Idul Fitri

Komandan Hamas, Muetaz Eid, juga tewas ketika Israel menargetkan 250 titik serangan untuk melumpuhkan Hamas. Saat itu, Israel juga menyerang lebih dari 100 sasaran militer yang terletak di Zaytun, Khan Yunis dan sebelah barat Jabaliya.

IDF dan Badan Keamanan Israel (ISS) mendeteksi keberadaan Aidiladha di distrik selatan.

Tujuan serangan Israel adalah untuk melumpuhkan Hamas dengan menyerang pusat komando operasional, kompleks militer, puluhan peluncur, pos peluncuran rudal anti-tank, dan pos pengamatan, seperti dikutip New York Post.

Merad Abu Merad

IDF mengaku membunuh komandan Hamas, Merad Abu Merad, dalam serangan di Gaza. Merad tewas dalam serangan jet tempur Israel yang menargetkan markas operasional Hamas.

“Dalam serangan itu, jet tempur IDF membunuh Merad Abu Merad, yang merupakan kepala Sistem Udara Hamas di Kota Gaza dan sebagian besar bertanggung jawab mengarahkan teroris selama pembantaian hari Sabtu,” jelas IDF seperti dilansir CNN.

Merad diketahui memimpin invasi Hamas ke Israel yang berlangsung sejak Sabtu, 7 Oktober 2023.

Jawad Abu Syamala

Jawad Abu Shamala adalah menteri ekonomi Hamas yang mendanai kegiatan Hamas, baik di dalam maupun di luar Gaza.

Jawad terbunuh setelah Israel menggerebek bank utama Hamas dalam beberapa hari. Selain itu, Israel juga melancarkan serangan udara yang menyasar lokasi strategis para pemimpin Hamas.

Zakaria Abu Maamar

Anggota biro politik Hamas Zakarian Abu Maamar juga tewas bersama Jawad dalam serangan udara Israel.

Dikutip dari Reuters, putri Maamar terlihat menangis di pemakaman ayahnya yang terbunuh di Khan Younis.

[Gambas:Photo CNN]