Berita Daftar Negara yang Belum Merdeka

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah daerah masih memperjuangkan kemerdekaan dari negara-negara dunia.

Masyarakat yang masih dalam cengkeraman konflik juga mendambakan hal yang sama agar bisa lepas dari belenggu penyiksaan.


Salah satu hal yang mulai didorong oleh komunitas internasional adalah kemerdekaan Palestina yang kini mengalami penindasan dari Israel.

Berikut daftar negara-negara yang belum merdeka.

Sahara Barat

Sahara Barat merupakan wilayah yang diperebutkan oleh beberapa negara dalam beberapa tahun terakhir. Wilayah tersebut diperebutkan oleh Spanyol dan Maroko

Peluncuran dari Mata Timur Tengahsekitar 80 persen Sahara Barat berada di bawah pemerintahan Maroko.

Daerah tersebut saat ini dikuasai oleh Front Polisario yang sebagian besar berasal dari kelompok etnis Sahrawi. Mereka mendirikan negara bernama Republik Demokratik Arab Sahrawi pada tahun 1976.

Berbagai konflik telah terjadi sejak tahun 1991 hingga saat ini. Perselisihan ini mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ikut serta sebagai pihak untuk menutup kesepakatan tersebut.

Ossetia Selatan

Ossetia Selatan adalah wilayah kecil yang memisahkan diri dari Georgia pada tahun 1992.

Negara ini terletak di utara Georgia dengan jumlah penduduk hanya 56 ribu jiwa. Mayoritas penduduknya berbicara bahasa Farsi seperti Iran.

Karena kemerdekaannya yang sepihak, Ossetia Selatan disebut sebagai negara yang tidak merdeka. Faktanya, PBB masih mengakuinya sebagai bagian dari wilayah Georgia.

Kaledonia Baru

Kaledonia Baru merupakan wilayah yang masih menjadi protektorat Perancis.

Negara kepulauan ini mempunyai beberapa perwakilan dan menerapkan sistem parlementer perwakilan.

Namun kerusuhan yang terjadi di negeri ini pada bulan lalu membuat suasana politik semakin panas. Presiden Prancis Emmanuel Macron pun harus turun tangan mengatasi kerusuhan yang terjadi beberapa hari terakhir.

Abkhazia

Negara selanjutnya adalah wilayah yang terletak di barat laut Georgia. Wilayah ini berbatasan dengan Ossetia Selatan.

Abkhazia memiliki sekitar 224.000 penduduk dengan bahasanya sendiri, Abkhazia. Mayoritas penduduk yang tinggal di Abkhazia sebagian besar adalah etnis Georgia.

PBB mengakui negara tersebut sebagai bagian dari wilayah otonom Georgia. Namun Rusia dan lima negara lainnya juga mengakui Abkhazia sebagai negara berdaulat.

Palestina

Palestina merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang kedaulatannya belum diakui secara resmi oleh PBB.

Palestina sebelumnya mendeklarasikan kemerdekaannya pada 15 November 1998 pasca peristiwa berdarah Nakba. Namun, cengkeraman Israel yang terus berlanjut di negara tersebut membuat upaya untuk mendapatkan pengakuan semakin memudar.

Hingga saat ini, masih sedikit negara yang mengakui Palestina. Beberapa negara Eropa baru-baru ini mengakui Palestina setelah melihat situasi menyedihkan yang dialami rakyat Palestina akibat agresi brutal Israel.

(val/bac)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);