Berita Daftar Negara Terdampak Microsoft Down: Singapura hingga Inggris

by

Jakarta, Pahami.id

Beberapa negara terkena dampak pemadaman jaringan Microsoft sedang down atau gangguan internet pada Jumat (19/7).

Secara umum, sektor yang terkena dampak adalah penerbangan, perusahaan kereta api, bank, bursa saham, layanan pemerintah, media, telekomunikasi, sistem kesehatan dan supermarket.

Pemadaman jaringan besar-besaran yang terkait dengan Microsoft Windows tampaknya disebabkan oleh perusahaan perangkat lunak keamanan siber CrowdStrike.


Pada Jumat (19/7), CrowdStrike mengatakan telah menerima laporan adanya “BSOD pada host Windows”, suatu kondisi yang merujuk pada munculnya layar biru yang menandakan adanya malfungsi sistem pada pengoperasian Windows.

CrowdStrike juga mengaku berupaya mengatasi masalah ini. Mereka juga menekankan bahwa pemadaman listrik tersebut tidak terkait dengan serangan siber.

Berikut negara-negara yang terkena dampak downtime Microsoft.

Australia

Australia menjadi salah satu negara yang paling terkena dampak pemadaman jaringan Microsoft ini.

Layar informasi penerbangan di bandara Sydney kosong. Wisatawan pun harus mengalami penundaan penerbangan.

“Kami telah mengaktifkan rencana darurat dan mengerahkan personel tambahan ke terminal,” kata pihak bandara.

Bandara Melbourne juga menyatakan saat ini prosedur check-in beberapa maskapai belum bisa digunakan. Pihak bandara juga meminta penumpang memberikan waktu tambahan untuk melakukan prosedur check-in alternatif.

Bank terbesar Australia, Commonwealth Bank CBA.AX, melaporkan beberapa nasabah tidak dapat mentransfer uang karena gangguan layanan.

Pemadaman listrik di Australia tampaknya cukup serius sehingga pemerintah mengadakan pertemuan darurat yang melibatkan lembaga pemerintah, bank, pengecer, dan maskapai penerbangan.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese sejauh ini menyatakan bahwa “tidak akan ada dampak terhadap infrastruktur penting, layanan pemerintah, atau layanan triple-0”, seperti dikutip dari ABC News.

Amerika Serikat

Beberapa maskapai penerbangan Amerika Serikat seperti American Airlines, Delta Airlines, United Airlines, dan Allegiant Air dianggap termasuk di antara mereka yang terkena dampaknya. Maskapai ini harus menghentikan sementara penerbangannya pada hari Jumat.

Namun, belum ada kabar apakah penghentian sementara penerbangan tersebut terkait dengan gangguan di Microsoft atau tidak.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan penerbangan itu dihentikan karena masalah komunikasi, kata Al Jazeera.

Bahasa inggris

Di Inggris, beberapa sumber industri perdagangan energi mengakui bahwa perdagangan menjadi sulit karena gangguan jaringan.

Sumber pasar saham di Inggris juga mengatakan platform grup London Stock Exchange sedang down dan dimulainya perdagangan telah tertunda.

Media Inggris, Sky News, juga sempat down selama satu jam akibat pemadaman jaringan. Namun untuk saat ini Sky News sudah beroperasi normal kembali.

Lanjutkan ke halaman berikutnya…