Berita Daftar Kandidat Cawapres Kamala Harris di Pemilu AS

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Calon presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris menjadi fokus setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengundurkan diri dari pemilihan presiden.

Biden kemudian mendukung Harris untuk menggantikannya. Wakil Presiden AS kemudian berjanji akan memenangkan kontes politik yang akan digelar pada November mendatang.

Partai Demokrat belum secara resmi mencalonkan Harris. Pengumuman nominasi baru akan terjadi pada partai final yang digelar Agustus mendatang.


Kemudian, Harris akan diberi wewenang untuk memilih sendiri calon wakil presidennya. Berikut daftar nama yang berpotensi menjadi pasangannya.

Andy Beshear

Beshear adalah gubernur Kentucky, negara bagian yang didominasi Partai Republik. Dia menjabat dua periode di posisi itu.

Saat menang pada 2019, banyak yang mengira itu hanya kebetulan. Pandangan ini muncul karena Trump memenangkan Kentucky dengan selisih sekitar 30 poin persentase tiga tahun sebelumnya.

Namun tahun lalu, Beshear dengan mudah memenangkan pemilihan kembali. Selama kampanye, ia menekankan narasi “kebaikan bersama”, bekerja dengan Partai Republik dalam bidang legislasi, termasuk mariyuana untuk keperluan medis, dan sering berbicara tentang agama Kristen.

Narasi seperti ini mungkin sangat menarik bagi Partai Demokrat yang kini berusaha memenangkan suara pemilih kulit putih moderat di pinggiran kota.

Roy Cooper

Cooper adalah gubernur Carolina Utara yang bergejolak secara politik.

Jika Harris Memilih Cooper mungkin dapat menekan Trump untuk menginvestasikan uang di negara-negara bagian, mereka tidak perlu khawatir.

Pada tahun 2020, Trump memperoleh 1,3 poin persentase suara, sedangkan Cooper terpilih dengan 4 poin.

Namun masa jabatannya terbatas sehingga tidak bisa bertanding lagi. Jika Cooper mencalonkan diri sebagai wakil presiden, ia akan digantikan oleh Letnan Gubernur Partai Republik Mark Robinson.

Tandai Kelly

Kelly adalah Senator dari Arizona. Dia juga seorang veteran Angkatan Laut dan mantan astronot. Kelly sering berkampanye untuk pengendalian senjata yang lebih ketat dan membangun citra sebagai seorang moderat.

Saat membantu Biden dalam pemilu tahun 2020, ia memperoleh suara dari perempuan kulit putih pinggiran kota dan pemilih muda Latin di Arizona.

Nama Kelly menjadi perbincangan publik setelah istrinya Gabby Giffords selamat dari upaya pembunuhan pada tahun 2011.

JB Pritzker

Pritzker telah menjadi gubernur Illinois sejak 2019. Dia adalah seorang miliarder, dan mungkin dapat membantu mendanai kampanye Harris.

Partai Demokrat tertarik pada Pritzker setelah menyerang Trump di depan umum.

“Apakah mereka benar-benar menginginkan presiden yang merupakan penjahat menghadapi hukuman penjara?” kata Pritzker pada bulan Juni, dikutip Waktu New York.

Josh Shapiro

Shapiro terpilih sebagai gubernur Pennsylvania pada tahun 2022 setelah menjabat sebagai jaksa agung.

Pennsylvania adalah negara bagian yang harus dimenangkan oleh Partai Demokrat.
Dukungan Shapiro di kalangan Demokrat meningkat setelah ia mengalahkan lawannya dari Partai Republik pada pemilu 2022, Doug Mastriano, dengan 56 persen suara.

Nama lain yang juga bisa menjadi mitra Harris adalah Menteri Transportasi Pete Buttigieg, Gubernur Maryland Wes Moore, Menteri Perdagangan Gina Raimondo, Gubernur Minnesota Tim Walz.

(isa/bac)