Berita Daftar 4 Pangdam TNI yang Dimutasi: Brawijaya hingga Cendrawasih

by


Jakarta, Pahami.id

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memindahkan beberapa Panglima Daerah (Komandan) di beberapa daerah.

Pengalihan tersebut tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Satuan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia tanggal 24 Juli.

Pertama, Mayjen Mohamad Hasan yang menjabat Pangdam Jaya diangkat menjadi Panglima Kostrad.


Jabatan Pangdam Jaya kini digantikan oleh Mayjen Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat Pangdam V/Brawijaya.

Mayjen Rudy Saladin yang sebelumnya menjabat Sesmilpres Kementerian Sekretaris Negara kini dipercaya menggantikan Granada sebagai Pangdam V/Brawijaya.

Kemudian, Mayjen Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menjabat Pangdam IX/Udayana, kini dilantik menjadi Pangkogabwilhan III.

Posisinya kini digantikan oleh Mayjen Muhammad Zamroni yang sebelumnya menjabat Danpussenkav.

Kemudian Mayjen Izak Pangemanan dipindahkan dari Pangdam XVII/Cenderawasih ke Wadan Kodiklatad. Posisinya digantikan oleh Mayjen Rudi Puruwito yang sebelumnya menjabat Panglima Divisi 1 Kostrad.

Selain Panglima, sejumlah pejabat Kabinet lainnya juga ikut diganti dalam Keputusan Panglima TNI ini.

Misalnya, Panglima menunjuk Brigjen Raden Toto Oktaviana sebagai Kepala Daerah Jawa Barat di bawah Deputi Intelijen Dalam Negeri BIN. Toto sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sultra di bawah Deputi Intelijen Dalam Negeri BIN.

Brigjen Sulaiman diubah dari Kabinda Jawa Tengah menjadi Wakil Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Agen Intelijen Spesialis Madya pada Direktorat Jawa dan Bali, Deputi Intelijen Dalam Negeri.

(mnf/tidak)