Berita China Umumkan Latihan Militer di Taiwan Telah Selesai

by


Jakarta, Pahami.id

Cina telah mengumumkan berakhirnya latihan militer dua hari di sekitar Pulau Formosa Taiwan. Latihan ini disebut-sebut menguji kemampuan China dalam merebut Taiwan.

Laporan dari AFP, latihan tersebut digelar tiga hari setelah Presiden Taiwan Lai Ching-te dilantik. Saat itu, Lai menyampaikan pidato pembukaan yang dikutuk oleh Tiongkok sebagai “pengakuan kemerdekaan”.


Kementerian Pertahanan Taiwan, 111 pesawat dan puluhan kapal angkatan laut Tiongkok berpartisipasi dalam latihan di sekitar pulau itu. Tentara Tiongkok disebut berhasil menyelesaikan operasi yang diberi nama ‘Joint Sword-2024A’.

Analis militer Tiongkok mengatakan kepada kantor berita Xinhua bahwa kapal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) telah merapat “lebih dekat dari sebelumnya” ke pantai Taiwan.

Mereka mengatakan latihan itu melibatkan simulasi serangan yang menargetkan para pemimpin Taiwan serta pelabuhan dan bandaranya.

Menurut para ahli dari Akademi Ilmu Militer Tong Zhen, hal ini disebut mampu memutus ‘pembuluh darah’ Taiwan dan memblokir ‘resimen bantuan asing’.

Sementara itu, juru bicara Komando Teater Timur PLA, Li Xi mengatakan, latihan tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan perebutan kekuasaan bersama, serangan bersama, dan kendali atas wilayah-wilayah utama di wilayah tersebut.

Latihan tersebut merupakan bagian dari kampanye intimidasi yang semakin meningkat oleh Tiongkok, yang telah melakukan serangkaian latihan militer skala besar di sekitar Taiwan dalam beberapa tahun terakhir.

Taiwan telah memerintah sendiri sejak tahun 1949, ketika kaum nasionalis meninggalkan daratan Tiongkok ke pulau Formosa setelah kalah dari Partai Komunis Tiongkok (PKT) dalam perang saudara di daratan.

Namun, Beijing menganggap pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak menutup kemungkinan menggunakan kekerasan untuk menguasainya.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Beijing Wu Qian mengatakan Lai “secara serius menentang prinsip satu Tiongkok… mendorong teman-teman Taiwan ke dalam keadaan perang dan situasi berbahaya”.

Perselisihan ini telah lama menjadikan Selat Taiwan sebagai salah satu titik panas paling berbahaya di dunia. Sementara itu, peristiwa minggu ini telah memicu kekhawatiran bahwa Tiongkok mungkin menggunakan kekuatan militer untuk membawa pulau itu ke bawah kekuasaan daratan.

Selain itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta semua pihak menahan diri untuk tidak melakukan eskalasi. Amerika Serikat (AS) sebagai sekutu terkuat dan pendukung militer Taiwan sangat mendesak Tiongkok untuk menahan diri.

Pentagon mengumumkan pada Jumat (24/5) bahwa Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan bertemu dengan mitranya dari Tiongkok, Dong Jun, akhir bulan ini di Dialog Shangri-La, pertemuan tahunan para pejabat pertahanan di seluruh dunia.

Taipei mengatakan latihan militer Tiongkok selama dua hari di sekitar Taiwan adalah “provokasi terang-terangan terhadap tatanan internasional”. Hal itu disampaikannya pada Sabtu (25/5) usai latihan militer usai.

“Provokasi sepihak Tiongkok baru-baru ini tidak hanya memengaruhi status quo perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata juru bicara Kantor Kepresidenan Taiwan, Karen Kuo.

“Tetapi hal ini juga merupakan provokasi terang-terangan terhadap tatanan internasional, sehingga menimbulkan kekhawatiran serius dan kecaman dari komunitas internasional.” dia melanjutkan.

(del/akhir)