Berita China Pecat 9 Pejabat Militer dari Parlemen Tanpa Penjelasan

by


Jakarta, Pahami.id

China mengusir sembilan perwira militer dari parlemen usai pertemuan Komite Sentral Partai Komunis pada Jumat (29/12). Para pejabat militer yang dipecat termasuk empat jenderal unit rudal strategis militer.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (30/12), pemecatan itu terjadi setelah Dong Jun dilantik menjadi Menteri Pertahanan menggantikan Li Shangfu yang diberhentikan pada 24 Oktober.

Kesembilan pejabat yang diberhentikan itu sebelumnya duduk di parlemen sebagai anggota aktif tanpa dipilih langsung oleh rakyat.


Sementara itu, pemerintah China tidak memberikan penjelasan apa pun alasan para pejabat tersebut diberhentikan dari tugasnya.

Sebuah lembaga penelitian AS yang khusus menangani politik Tiongkok, Sinolnsider, mengatakan pemecatan mereka “merupakan sinyal bahwa para pejabat tersebut sedang ditanyai mengenai masalah yang muncul.”

Pemecatan sembilan perwira militer dari parlemen merupakan bagian dari serangkaian perombakan tingkat tinggi di militer, yang dimulai sejak Li Shangfu tiba-tiba dipecat pada Oktober lalu.

Pemecatan Li saat itu pun menyedot perhatian karena sudah hampir dua bulan ia ‘menghilang’. Presiden Xi Jinping kemudian memecat Li Shangfu, serta memecat mantan Menteri Luar Negeri Qin Gang dari jabatan pemerintahannya.

Pemecatan Li saat itu terjadi karena ia sedang menjalani pemeriksaan suatu kasus. Meski begitu, belum ada penjelasan resmi terkait kabar penyelidikan tersebut.

Li terakhir kali terlihat di depan umum saat berkunjung ke Belarus. Pemerintah Belarusia merilis foto pertemuan Li dengan Presiden Alexander Lukashenko di Minsk pada 17 Agustus.

Dua hari sebelumnya, Li juga berangkat ke Rusia untuk menghadiri konferensi keamanan di dekat Moskow. Namun, sejak kunjungannya dari Belarus, Li tidak lagi terlihat di depan umum.

(frl/vws)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);