Berita Bursa Cagub-Cawagub Aceh di Pilkada 2024: Mualem hingga Dek Fad

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah tokoh masuk dalam bursa calon gubernur Aceh sebelum Pemilihan Bupati atau Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 November 2024.

Bahkan beberapa nama sudah mendapat dukungan dari partai politik lokal dan nasional untuk maju dalam persaingan. Mengikuti CNNIndonesia.com merangkum nama-nama yang muncul di bursa pemilihan Gubernur Aceh.

Muzakir Manaf alias Mualem

Ketua DPP Partai Aceh, Muzakir Manaf alias Mualem, menjadi satu-satunya tokoh yang mendapat dukungan sebagai calon Gubernur Aceh.


Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini resmi dicalonkan Partai Aceh untuk maju pada Pilkada 2024. Partai Aceh sendiri juga tercatat memiliki 20 kursi di DPR Aceh dan bisa mencalonkan sendiri tanpa syarat calon. memerlukan kombinasi.

Setidaknya ada tiga partai nasional yang turut memberikan dukungan kepada Mualem untuk maju pada pemilihan gubernur berikutnya. Ketiganya adalah PAN, Gerindra, dan Demokrat.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Fadlullah alias Dek Fad

Sosok Fadhlullah resmi diusung Partai Gerindra untuk mendampingi Mualem pada kontestasi Pilgub 2024, yang merupakan Ketua DPD Gerindra Aceh dinilai sosok yang ideal mendampingi Mualem karena dinilai mampu menggaet suara milenial. .

Ketua Tim Pilkada Cakada Gerindra Aceh Nasrul Sufi meyakini Fadhlullah akan melengkapi Mualem dan merasa mampu memimpin Aceh. Selain itu, kata dia, Fadhlullah juga memiliki pengalaman menjadi anggota DPR RI selama dua periode dan disebut mampu menjadi penghubung antara pemerintah daerah dan pusat.

Mawardi Ali

Mawardi Ali bukanlah sosok baru di pemerintahan Provinsi Aceh. Beliau merupakan mantan Bupati Aceh Besar periode 2017-2022.

Selain itu, ia juga tercatat pernah menjadi anggota DPR Kabupaten Aceh Besar dua periode dan terpilih menjadi anggota DPR Aceh dua periode.

Mawardi yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPW) PAN Aceh dicalonkan partainya sebagai pendamping Mualem pada Pilgub 2024.

Muslim

Ketua Umum Partai Demokrat Aceh, Muslim ini juga tercatat masuk dalam Bursa Calon Gubernur. Nama Demokrat resmi diusulkan Demokrat kepada Partai Aceh sebagai calon mendampingi Mualem.

Muslim sendiri tercatat sudah menjadi anggota DPR Aceh selama tiga periode sejak tahun 2014. Sebelum menjadi anggota DPR, Muslim juga terpilih menjadi DPRK Banda Aceh.

(tfq/DAL)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);