Berita Budi Gunawan Dikabarkan Ikut Pembekalan Calon Menteri Prabowo

by


Jakarta, Pahami.id

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dikatakan telah menghadiri sesi pengarahan untuk calon anggota kabinet Prabu Subianto di Hambalang Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10) ini. Lokasinya merupakan kediaman pribadi Prabowo.

“Pak Budi Gunawan orang terakhir yang datang,” kata Komandan Detasemen Pengawal Khusus Menteri Pertahanan, Letjen TNI. Kolonel Inf. G. Borlak di Hambalang, Bogor.


Borlak mengatakan, ada 59 tokoh yang diundang dalam briefing hari ini. Dijelaskannya juga, kegiatan di Hambalang akan dilaksanakan selama dua hari.

Menurut dia, pemerintah daerah setempat dan aparat penegak hukum dilibatkan untuk mengamankan kegiatan tersebut.

“Kegiatan pengamanan ini melibatkan Pemkot Bogor. Ya secara bertahap mulai dari Kapolres, Dandim, Kapolres, lalu Kapolsek, lalu Danramil, dan Babinsa, dan semua yang ada di wilayah ini. Termasuk Satpol PP dan sekuriti. semua berjalan,” katanya.

Budi Gunawan menjabat Kepala BIN sejak 9 September 2016. Namun, Budi akan digantikan oleh Wakil Menteri Pertahanan Herindra.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Herindra. Pergantian pemimpin tersebut diduga dibicarakan dengan Prabowo sebagai presiden terpilih.

Surat Presiden terkait pengangkatan Herindra sebagai Kepala BIN telah disampaikan ke DPR pada 10 Oktober 2024.

Sementara itu, Senin (14/10) hingga Selasa (15/10), Prabowo bergantian memanggil calon menteri dan wakil menterinya. Total ada lebih dari 100 orang yang disebut Prabowo.

(rzr/tsa)