Berita Bobby Bakal Klarifikasi Private Jet ke KPK: Saya Ikut Saja

by


Medan, Pahami.id

Calon Gubernur Sumut yang juga Wali Kota Medan, Bobby Nasutionbelum memberikan jawaban tegas terkait dugaan kepuasan terhadap jet pribadi yang menjeratnya.

Bobby belum memutuskan kapan akan memberikan penjelasan langsung kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


“Saya kemarin sudah bilang, saya sendiri yang ikut,” kata menantu Presiden RI Jokowi itu usai pengundian nomor urut Pilgub Sumut di Hotel Mercure Medan, Selasa (24/9) sore.

Saat ditanya apakah akan mengikuti jejak kakak iparnya Kaesang Pangarep yang langsung menjelaskan soal jet pribadi ke KPK, Bobby kembali memberikan jawaban serupa.


“Saya tidak pernah bilang tidak, saya ikuti saja. Saya ikuti saja prosesnya,” ujarnya.

Diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution menjadi sorotan setelah foto dirinya dan istrinya Kahiyang Ayu sedang menaiki jet pribadi viral di media sosial. Dalam foto yang beredar, lokasi pesawat berada di eks Bandara Polonia Medan yang kini berubah menjadi Lanud Soewondo.

Foto terkait Bobby Nasution – Kahiyang Ayu menggunakan fasilitas jet dibagikan oleh akun x @murtadhaOne1. Akun tersebut membagikan tiga foto, dimana 2 foto yang bocor memperlihatkan Bobby menaiki jet pribadi, sedangkan di foto lainnya terlihat Booby meninggalkan lokasi.

Foto itu diambil sekitar 18-20 Februari 2023. Jet pribadi yang ditumpangi Bobby dan Kahiyang disebut-sebut milik konglomerat di Medan. Postingan tersebut juga mempertanyakan dari mana asal uang yang digunakan Bobby untuk naik jet tersebut.

Bobby Nasution kemudian dilaporkan ke Komite Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menerima keuntungan jet pribadi. KPK berencana memeriksa Bobby Nasution.

Kemudian, KPK membatalkan rencana tersebut. Sebab, KPK mempersilakan Bobby Nasution memberikan penjelasannya sendiri, ia bisa menyampaikannya langsung ke KPK atau melalui situs resminya.

Tak hanya Bobby Nasution, kakak iparnya Kaesang Pangarep juga menjadi sorotan usai kedapatan menggunakan jet pribadi ke Amerika untuk Erina yang sedang menempuh studi master di University of Pennsylvania.

Belakangan, Kaesang Pangarep mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjelaskan persoalan jet pribadi. Hanya saja, kepada tim direktorat gratifikasi, Kaesang mengaku hanya ‘naik’ jet pribadi milik temannya. (FNR)

(fnr/dna)