Berita Bill Gates Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Sumbang Dana Rp780 M

by


Jakarta, Pahami.id

Pendiri Microsoft, Bill Gatesmenyatakan dukungannya untuk Kamala Harris di dalam Pemilihan presiden AS 2024 dengan memberikan kontribusi dana kampanye sebesar US$50 juta atau setara Rp780 miliar.

Dukungan tersebut diberikan karena Gates menilai Kamala memiliki komitmen yang kuat dalam mengatasi kemiskinan dan beberapa permasalahan kompleks yang ada di AS saat ia terpilih menjadi presiden.


“Saya mendukung kandidat yang menunjukkan komitmen jelas untuk meningkatkan layanan kesehatan, mengurangi kemiskinan, dan memerangi perubahan iklim di AS dan di seluruh dunia,” kata Gates seperti dikutip. Independen.

Gates sebenarnya belum menyatakan dukungannya terhadap Kamala secara terbuka. Namun, ia dikabarkan telah menyatakan kepada New York Times bahwa ia mendukung penuh wakil presiden AS dalam pemilihan presiden yang akan digelar pada 5 November mendatang.

Keinginan Gate untuk mendukung Kamala bermula dari kekhawatirannya terhadap Donald Trump. Sebab, ia mengaku tidak ingin Trump terpilih kembali menjadi Presiden AS.

Gate khawatir Trump akan memotong subsidi keluarga berencana dan subsidi kesehatan bagi warga AS jika calon presiden dari Partai Republik terpilih sebagai Presiden AS.

Gates sendiri saat ini menduduki peringkat ke-13 orang terkaya di dunia menurut Forbes, ia diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 105 atau Rp 1,6 triliun. Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Gates dinilai berupaya mempengaruhi dunia politik AS.

Namun, pada tahun 2019 lalu, Gates menegaskan bahwa dirinya tidak akan memihak siapa pun di dunia politik. Ia juga tidak akan memberikan dukungan finansial kepada siapa pun untuk tujuan politik.

“Saya memilih untuk tidak berpartisipasi dalam kontribusi politik yang besar. Ada kalanya saya merasa tergoda untuk melakukannya, dan ada orang lain yang memilih untuk melakukannya, namun saya tidak ingin meraih megafon raksasa itu,” tambah Gates.

Namun pernyataan tersebut berubah ketika Kamala Haris naik ke panggung politik AS mendampingi Biden sebagai wakil presiden. Meski tidak terang-terangan, Gates disinyalir mendukung dan memberikan dukungan penuh kepada Kamala.

(gas/rds)