Berita Biden Sebut AS Bisa Perang Langsung dengan Rusia jika Ukraina Kalah

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan potensi perang langsung dengan Rusia terbuka jika Ukraina kalah.

Dalam pernyataannya di St. Croix, Biden mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hanya berusaha menghancurkan Ukraina, tetapi juga mengancam beberapa sekutu NATO, termasuk AS.

“Ketika diktator dan otokrat dibiarkan melakukan tindakan kekerasan di Eropa, risikonya adalah Amerika Serikat akan terlibat langsung. Dan konsekuensinya akan berdampak pada seluruh dunia,” kata Biden dalam keterangan resmi seperti dikutip Gedung Putih, Jumat ( 29/12), seperti dikutip Reuters.


Biden mengatakan hal ini setelah Rusia melancarkan serangan udara terbesarnya ke Ukraina sejak perang antara dua negara bekas Soviet itu dimulai pada Februari 2022.

Serangan drone dan rudal telah menghantam rumah sakit bersalin, pusat perbelanjaan dan beberapa kawasan pemukiman di Ukraina. Sedikitnya 31 orang tewas dan 120 lainnya luka-luka.

Menanggapi serangan ini, Biden juga mengatakan bahwa Putin masih “melanjutkan” tujuannya untuk menghancurkan Ukraina.

“Dia (Putin) ingin melenyapkan Ukraina dan menundukkan rakyatnya. Dia harus dihentikan,” kata Biden.

Biden mengatakan Ukraina sekarang menggunakan sistem pertahanan udara yang disediakan oleh AS, sekutu dan mitranya, agar berhasil mencegat dan menghancurkan rudal dan drone Kremlin. Ia juga mendesak Kongres untuk segera menyetujui pengiriman bantuan lebih lanjut ke Ukraina.

“Jika Kongres tidak segera mengambil tindakan pada tahun baru ini, kami tidak akan dapat terus mengirimkan senjata dan sistem pertahanan udara penting yang dibutuhkan Ukraina untuk melindungi rakyatnya. Kongres harus mengambil tindakan dan bertindak tanpa penundaan lebih lanjut,” kata Biden.

Belakangan, upaya Biden untuk mengirim bantuan tambahan ke Ukraina menemui jalan buntu karena mendapat tentangan dari Partai Republik. Partai Republik menolak membantu pengiriman yang diminta Biden kecuali Partai Demokrat setuju untuk memperketat keamanan di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Gedung Putih juga memperingatkan bahwa tanpa dana tambahan, bantuan AS ke Ukraina akan habis pada akhir tahun ini. Hal ini akan mempersulit Ukraina untuk melawan Rusia.

(blq/wiw)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);