Berita Belasan Roket Hantam Pangkalan Koalisi Militer AS di Irak

by


Jakarta, Pahami.id

Setidaknya selusin peluru kendali penembakan di pangkalan militer yang digunakan oleh pasukan koalisi pimpinan AS di Irak barat, Sabtu (20/1).

“Pangkalan udara Al-Asad menjadi sasaran 15 roket yang ditembakkan dari wilayah Anbar, tempat pangkalan militer itu berada,” kata seorang petugas polisi Irak dari wilayah tersebut.

Dia mengatakan 13 rudal ditembak jatuh oleh sistem pertahanan anti-rudal, namun “dua di antaranya jatuh di pangkalan udara”.


Seorang pejabat pertahanan AS, yang juga menolak disebutkan namanya, membenarkan bahwa “rudal tersebut menghantam pangkalan udara Al-Asad”, dan menambahkan bahwa penilaian kerusakan bersama sedang dilakukan dengan koalisi dan pasukan Irak.

Pejabat Amerika mengatakan bahwa laporan awal menunjukkan bahwa seorang anggota pasukan keamanan Irak terluka parah, mengutip AFP.

Serangan terhadap pangkalan udara tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah menyusul pecahnya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober.

Pada hari Sabtu, lima anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran tewas dalam serangan di Damaskus. Teheran menyalahkan Israel dan mengancam akan membalasnya.

Iran juga melancarkan serangan mematikan di wilayah otonom Kurdistan di Irak utara pada hari Senin. Iran mengatakan pihaknya menargetkan situs-situs yang digunakan oleh “mata-mata rezim Zionis (Mossad)”.

Sejak pertengahan Oktober, telah terjadi puluhan serangan terhadap pasukan AS dan koalisi di Irak dan Suriah, yang dikerahkan di sana untuk melawan jihad kelompok ISIS.

Mayoritas serangan tersebut diklaim oleh “Perlawanan Islam di Irak”, sebuah aliansi kelompok bersenjata yang terkait dengan Iran yang menentang dukungan AS untuk Israel dalam perang Gaza.

Washington telah berulang kali melancarkan serangannya sendiri sebagai tanggapan.

Ada sekitar 2.500 tentara AS di Irak dan sekitar 900 tentara di Suriah.

(AFP/dmi)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);