Berita Bela Palestina, Houthi Hantam 6 Kapal Terkait Israel di Laut Arab

by


Jakarta, Pahami.id

Milisi Houthi Yaman melancarkan serangan terhadap enam kapal di tiga wilayah perairan berbeda, sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina di Semenanjung Gaza.

Houthi dikatakan menargetkan serangan terhadap kapal curah Laax berbendera Marshall, Morea dan Sealady di Laut Merah, Alba dan Maersk Hartford di Laut Arab, dan Minerva Antonia di Mediterania.


“Saya belum berbicara dengan lima kapal lainnya, tapi Hartford baik-baik saja. Tidak terjadi apa-apa,” kata chief operating officer Maersk Line, Ed Hanley.

Sementara itu, lima rudal yang ditembakkan dari Yaman menghantam kapal Laax yang membawa gandum. Meski demikian, perusahaan keselamatan kapal LSS-SAPU menyatakan kapal masih bisa berlayar ke tujuan dan awaknya juga selamat.

Kapal rusak, tidak terisi air, tidak miring, dan tidak ada korban jiwa di dalamnya. Kapal melanjutkan perjalanan dengan kecepatan normal, kata juru bicara LSS-SAPU kepada Reuters.

Juru bicara tersebut juga menegaskan bahwa pemilik kapal Laax yang berbasis di Yunani tidak memiliki hubungan nyata dengan Israel atau Amerika Serikat. Kapal terakhir melaporkan posisinya pada 28 Mei, menuju Kota Imam Khomeini di Iran.

Kelompok Houthi telah berulang kali melancarkan serangan drone dan rudal di kawasan Laut Merah sejak November lalu. Mereka juga memperluas serangannya ke perairan lain.

Serangan Houthi minggu ini terjadi ketika tank-tank Israel masuk ke pusat kota Rafah di Gaza selatan untuk pertama kalinya.

Kelompok Houthi juga berjanji akan menyerang kapal mana pun yang berlayar menuju pelabuhan Israel, bahkan di Mediterania. Mereka juga dikatakan telah mengidentifikasi kapal-kapal yang berafiliasi dengan AS dan Inggris sebagai sasaran serangan.

(DNA/DNA)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);