Berita Banjir dan Tanah Longsor di Thailand, 4 Tewas-Ribuan Rumah Terdampak

by


Jakarta, Pahami.id

Sedikitnya empat orang tewas dan ribuan rumah warga terdampak pasca banjir dan tanah longsor melanda beberapa wilayah di ThailandRabu (11/9).

Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Thailand mengatakan dua orang tewas akibat tanah longsor di Provinsi Chiang Mai. Dua orang lagi tewas di Chiang Rai, provinsi yang berbatasan dengan Myanmar.


Badan Cuaca Thailand juga mengeluarkan peringatan bahwa hujan diperkirakan akan turun lebih banyak hingga Selasa pekan depan dan berisiko menyebabkan banjir.

“Antara tanggal 13-17 September harap berhati-hati karena ada kemungkinan hujan sangat deras,” kata mereka, dikutip AFP.

Pihak berwenang Thailand juga melaporkan ribuan rumah terkena dampak banjir. Banjir dan tanah longsor tersebut dipicu oleh hujan lebat akibat badai dahsyat Topan Yogi.

Akibat bencana tersebut, bandara internasional Mae Fah Luang Chiang Rai membatalkan semua penerbangan tanpa batas waktu.

Menanggapi bencana tersebut, Perdana Menteri Thailand Paetongtarn Shinawatra mengatakan bantuan disalurkan kepada 9.000 keluarga di provinsi Chiang Mai dan Chiang Rai.

Kementerian Kesehatan juga mengerahkan tim medis, relawan, dan tim penyelamat untuk membantu memindahkan warga ke tempat yang lebih aman.

(isa/dna)