Berita Banjir dan Longsor Sumbar, Korban Tewas 30 Orang

by


Jakarta, Pahami.id

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengungkapkan, 30 orang di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meninggal dunia akibat bencana tersebut. banjir Dan tanah longsor di wilayah itu.

Total korban jiwa terdiri dari 27 orang di Kabupaten Pesisir Selatan dan tiga orang di Kabupaten Padang Pariaman. Namun banjir tidak hanya terjadi di dua wilayah tersebut, melainkan juga di 12 kabupaten dan kota.


“Dari 12 kabupaten dan kota, lima di antaranya sudah berstatus darurat,” ujarnya di Padang, Senin (11/3).

Kelima wilayah tersebut adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Pasaman Barat.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Kelima daerah ini terkena bencana yang relatif besar dan besar, kata Kepala BNPB.

Selain memakan korban jiwa, bencana hidrometeorologi juga menyebabkan kerusakan infrastruktur di Provinsi Minang. Pemerintah setempat memperkirakan kerugian sementara melebihi Rp 226 miliar.

Sebelumnya, Suharyanto berangkat langsung ke Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat pada Senin (11/3) pagi untuk meninjau langsung penanganan darurat dan dampak bencana hidrometeorologi basah yang melanda wilayah tersebut.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kepala BNPB menyerahkan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP) serta logistik dan peralatan untuk mendukung percepatan penanganan banjir dan longsor di wilayah Sumbar.

Berdasarkan laman resmi BNPB pada Senin (11/3), data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi BNPB menunjukkan, banjir dan tanah longsor berdampak pada 39.000 orang.

(hood/chri)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);