Berita Banjir Capai 80 Sentimenter di Tangsel, Warga Dievakuasi ke Kelurahan

by


Jakarta, Pahami.id

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota. Tanggerang Selatan mengevakuasi warga terdampak banjir besar hingga ketinggian 80 sentimeter.

Dalam video BPBD Kota Tangsel, terlihat air banjir mencapai paha seorang pria dewasa.

Hujan deras hampir seharian di wilayah Jabodetabek, merendam sedikitnya 10 RT yang tersebar di empat kecamatan di Tangsel. Banjir terparah salah satunya terjadi di Jalan Wijaya Kusuma, Perum Pondok Safari, Jurang Mangu Barat.


Di lokasi itu, ketinggian air antara 40-80 sentimeter menyebabkan warga terpaksa mengungsi. BPBD telah mengirimkan anggotanya untuk memindahkan warga dengan perahu ke kantor mukim setempat.

Pemindahan tersebut atas permintaan pemilik rumah karena rumahnya terendam air sekitar 40 sentimeter, dan kami pindahkan ke kantor Mukim Jurang Mangu Barat, kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel, Essa Nugraha. , Sabtu (6/7).

Sebanyak 100 KK terdampak banjir di Perumahan Rakyat Jurang Mangu Safari Lodge. Banjir merendam jalan dan rumah.

Selain itu, tiga kecamatan juga mengalami banjir yaitu Kecamatan Pamulang Barat, Rempoa, dan Jombang. BPBD Kota Tangsel mencatat total keluarga terdampak mencapai 668 keluarga.

Selain banjir, hujan juga menyebabkan tanah longsor di dua titik, masing-masing di Kecamatan Keranggan dan Ciputat. Longsor tersebut menyebabkan saluran drainase tertutup dan melindas rumah warga sekitar.

(melalui/harapan)