Berita AS Mulai ‘Antipati’ ke Israel, Desak Setop Strategi Brutal ke Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Beberapa anggota Kongres Amerika Serikat tegas Presiden Joe Biden untuk terus menekan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu agar mengubah strategi agresinya terhadap Jalur Gaza Palestina yang semakin brutal dan sewenang-wenang.

Dalam surat bersama, enam anggota Kongres AS menyatakan keprihatinannya atas jumlah korban sipil yang terus meningkat akibat agresi Israel terhadap Jalur Gaza. Keenam anggota Kongres AS dikenal sebagai pendukung setia Israel.


“Kami sangat prihatin dengan strategi militer PM Netanyahu saat ini di Gaza. Meningkatnya jumlah kematian warga sipil dan krisis kemanusiaan di Gaza tidak dapat diterima dan tidak sejalan dengan kepentingan Amerika,” demikian isi surat bersama tersebut, Senin (18/12).

“(Strategi militer Netanyahu) juga tidak menguntungkan keamanan sekutu kami, Israel,” tambah surat itu seperti dikutip. Al Jazeera.

Dalam surat tersebut, enam anggota Kongres AS juga mendesak Israel untuk segera mengubah strategi militernya di Gaza.

Presiden Joe Biden semakin “berhati-hati” dalam menyuarakan dukungannya kepada Israel, sekutu utama AS, karena semakin banyak warga Negeri Paman Sam yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

Biden bahkan disebut tergerak oleh Israel yang semakin bertindak “di luar kendali” AS terkait strategi militernya terhadap Gaza.

Biden sendiri bahkan mengungkapkan bahwa pembicaraannya baru-baru ini dengan Netanyahu tidak berjalan baik jika menyangkut Gaza.

Dalam pertemuan dengan donor kampanye Partai Demokrat untuk pemilu 2024 di Washington, Biden memperingatkan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan terus kehilangan dukungan internasional karena agresinya yang semakin brutal terhadap Jalur Gaza Palestina.

Biden mengatakan melalui telepon bahwa ia memperingatkan Netanyahu bahwa ia harus segera mengubah pemerintahan garis kerasnya, terutama dalam menangani konflik dengan Palestina, jika ia tidak ingin terus kehilangan dukungan.

Keamanan Israel bisa bergantung pada Amerika Serikat, tapi sekarang Israel punya lebih dari Amerika Serikat. Israel punya (mendukung) Uni Eropa, punya Eropa, dan punya (mendukung) sebagian besar dunia, kata Biden, Selasa (12). . /12) di Washington.

“Tetapi mereka (Israel) mulai kehilangan dukungan itu karena pemboman sembarangan yang sedang terjadi,” tambah Biden seperti dikutip. Al Jazeera.

Dalam kesempatan itu, Biden juga mengungkap percakapan pribadinya dengan Netanyahu.

Biden mengatakan Netanyahu merespons ketika ia menyebut agresi Israel terhadap Palestina telah memakan banyak korban jiwa.

Invasi Israel ke Jalur Gaza yang sudah berlangsung hampir tiga bulan semakin mengkhawatirkan. Semalam, serangan Israel ke Gaza dilaporkan menewaskan 100 orang.

Hingga Rabu (20/12), jumlah korban tewas akibat invasi brutal Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat sejak 7 Oktober telah mencapai lebih dari 19.600 orang, 70 persen di antaranya adalah anak-anak dan perempuan.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);