Berita AS Kecam Menteri Israel Mau Usir Warga Palestina dari Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Amerika Serikat menolak wacana Israel berencana mengusir penduduknya Palestina dari Semenanjung Gaza dan menguasai wilayah tersebut.

Pernyataan ini disampaikan Departemen Luar Negeri AS menanggapi pernyataan dua menteri Israel yang menyerukan pengusiran warga Palestina.


“Amerika Serikat menolak pernyataan Menteri Israel Bezalel Smotrich (Menteri Keuangan) dan Itama Ben Gvir (Menteri Keamanan Nasional) yang mendorong evakuasi warga Palestina dari Gaza,” demikian pernyataan yang diterima Departemen Luar Negeri AS. CNNIndonesia.com.

“Retorika ini sangat menghasut dan tidak bertanggung jawab. Kami telah diberitahu berulang kali dan konsisten oleh Pemerintah Israel, termasuk Perdana Menteri, bahwa pernyataan ini tidak mewakili kebijakan Israel. Pernyataan ini harus segera dihentikan.”

Dalam kesempatan itu, AS kembali menyatakan posisinya terkait Gaza dan Palestina.

“Kami jelas, konsisten dan tegas bahwa Gaza adalah tanah Palestina dan selamanya milik rakyat Palestina, tanpa kendali di masa depan dari Hamas dan tidak ada kelompok teroris yang mengancam Israel,” lanjut pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

“Masa depan itulah yang kami inginkan, demi Israel dan Palestina, kawasan ini, dan dunia.”

Sebelum AS, Prancis lebih dulu mengkritik rencana Israel mengusir warga Palestina dari Jalur Gaza.

“Prancis mengutuk komentar Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir,” kata Kementerian Luar Negeri Prancis dalam pernyataannya, seperti dikutip AFP.

“Kami menyerukan Israel untuk segera menahan diri dari pernyataan provokatif yang tidak bertanggung jawab dan meningkat tersebut,” lanjut pernyataan itu.

(tim/bac)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);