Berita AS-Inggris Kompak Serang 13 Target Houthi di Yaman

by


Jakarta, Pahami.id

tentara Amerika Serikat Dan Bahasa inggris serangan padat 13 sasaran Houthi di Yaman pada Kamis (30/5).

Menurut pejabat itu, jet tempur AS-Inggris dan kapal AS menyerang berbagai fasilitas bawah tanah milik Houthi, katanya. Pers Terkait.


Selain itu, AS menargetkan peluncur rudal, lokasi komando dan kontrol, delapan drone, dan kapal Houthi. Akibat penyerangan ini, 16 korban tewas dan puluhan luka-luka.

Serangan itu terjadi sehari setelah drone MQ-9 Reaper AS jatuh di Yaman. Houthi kemudian merilis rekaman yang menunjukkan drone tersebut menjadi sasaran rudal mereka.

Serangan AS dan Inggris terhadap Houthi adalah operasi gabungan kelima mereka sejak awal tahun 2024. Namun, AS hampir setiap hari melakukan serangan untuk menghancurkan sasaran milisi.

Operasi gabungan tersebut juga terjadi setelah dua serangan rudal merusak kapal Kepulauan Marshall berbendera Yunani di Laut Merah, lepas pantai Yaman.

Sebuah perusahaan keamanan swasta mengatakan kapal itu tenggelam setelah diserang. Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab. Namun, sejumlah pihak menduga tindakan tersebut merupakan ulah Houthi.

Sejak Israel melancarkan invasi ke Gaza pada Oktober lalu, milisi ini semakin meningkatkan serangannya di Laut Merah.

Mereka akan menyerang kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel dan melewati perairan tersebut. Langkah ini diambil untuk menghancurkan perekonomian Negara Zionis sehingga dapat mengakhiri invasi.

Invasi Israel ke Gaza telah menyebabkan lebih dari 36.000 kematian di Palestina. Selain itu, ratusan fasilitas umum juga hancur akibat serangan Zionis.

(isa/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);