Berita AS dan Inggris Tolak Ide Israel Pindah Paksa Warga Gaza ke Luar Negeri

by


Jakarta, Pahami.id

Utusan Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengatakan masyarakat Gaza, Palestina, tidak boleh dipaksa pindah pasca bombardir militer. Israel.

Menurut Thomas-Greenfield, situasi di Gaza sangat memilukan dan tidak dapat dipertahankan. Ia menyatakan, AS mendukung warga sipil Palestina di Gaza untuk kembali ke rumah mereka.

“Posisi Amerika Serikat jelas dan konsisten: warga sipil Palestina di Gaza harus bisa kembali ke rumah mereka sesegera mungkin, jika kondisinya memungkinkan,” kata Thomas-Greenfield seperti dikutip. AnatoliaMinggu (14/1).


Washington telah menekankan bahwa warga sipil tidak dapat dipaksa meninggalkan Gaza dalam keadaan apa pun. AS juga menolak pernyataan beberapa menteri Israel terkait evakuasi warga dari Gaza.

“Kami menolak keras pernyataan beberapa menteri dan anggota parlemen Israel yang menyerukan pemukiman kembali warga Palestina di luar Gaza,” ujarnya.

“Pernyataan-pernyataan ini, bersama dengan pernyataan para pejabat Israel yang menyerukan penganiayaan terhadap tahanan Palestina atau penghancuran Gaza, tidak bertanggung jawab, menghasut, dan hanya mempersulit pencapaian perdamaian abadi,” tambah Thomas-Greenfield.

Wakil Tetap Inggris untuk PBB, Barbara Woodward, menyatakan negaranya dengan tegas menolak semua usulan agar warga Palestina dimukimkan kembali di luar Gaza, termasuk usulan pemerintah Israel.

Woodward juga mendorong Israel untuk segera menghentikan seluruh aktivitas permukiman di Wilayah Pendudukan Palestina.

“Pandangan dan keprihatinan kami juga dimiliki oleh sekutu dan mitra kami bahwa masyarakat Gaza tidak boleh menjadi sasaran pengungsian paksa atau pemukiman kembali dari Gaza,” kata Woodward.

(Wow)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);