Berita AS Bentuk Koalisi 10 Negara, Perangi Milisi Houthi di Laut Merah

by


Jakarta, Pahami.id

Amerika Serikat membentuk koalisi 10 negara, untuk menghadapi serangan rudal dan drone milisi Houthi Yaman di Laut Merah.

Koalisi 10 negara yang tergabung dalam “Inisiatif Keamanan Berganda” ini antara lain AS, Inggris, Bahrain, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol.


“Negara-negara yang ingin mempertahankan prinsip dasar kebebasan navigasi harus bersatu, untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh aktor-aktor non-negara ini,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin seperti dikutip. AFP.

Koalisi tersebut dibentuk setelah milisi Houthi yang didukung Iran meningkatkan serangan terhadap kapal tanker, kapal kargo, dan kapal lainnya di Laut Merah.

Austin mengatakan aliansi keamanan dibentuk dengan tujuan untuk menjamin kebebasan navigasi bagi semua negara, serta memperkuat keamanan dan kemakmuran di kawasan.

Milisi Houthi sebelumnya menyerang dua kapal yang diklaim “terkait dengan Israel” di Laut Merah, untuk menunjukkan solidaritas terhadap situasi di Gaza.

Awal pekan ini, Swan Atlantic milik Norwegia dan kapal lain yang diidentifikasi oleh Houthi sebagai MSC Clara menjadi sasaran insiden maritim di Laut Merah.

Dalam sebuah pernyataan, Houthi mengklaim telah melakukan “operasi militer terhadap dua kapal yang terkait dengan entitas Zionis”, menggunakan drone angkatan laut.

Selain itu, Houthi juga berjanji akan memblokir semua kapal yang menuju pelabuhan Israel, berlayar di Laut Arab dan Laut Merah, agar lebih banyak makanan dan obat-obatan yang diperbolehkan masuk ke Gaza.

Namun, pemilik Swan Atlantic, Inventor Chemical Tankers dari Norwegia, menyangkal memiliki hubungan apapun dengan Israel. Mereka mengatakan kapal tersebut membawa bahan baku biofuel dari Perancis ke Pulau Reunion.

(Dna)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);