Berita AS Ancam Rezim Kim Jong Un Tamat Bila Korut Luncurkan Serangan Nuklir

by


Jakarta, Pahami.id

Amerika Serikat (Amerika Serikat) pada Sabtu (16/12) mengeluarkan pernyataan yang menegaskan kembali peringatannya kepada Korea Utara bahwa serangan nuklir terhadap mereka akan mengakibatkan ‘berakhirnya rezim Kim’.

Pernyataan bersama Kelompok Perundingan Nuklir AS-Korea Selatan juga menegaskan kembali bahwa setiap serangan nuklir yang dilakukan Korea Utara terhadap Korea Selatan ‘akan ditanggapi dengan respons yang cepat, luar biasa, dan tegas’.


“Amerika Serikat menegaskan kembali komitmen tegasnya untuk memberikan pencegahan yang lebih komprehensif terhadap ROK (Republik Korea Selatan) yang didukung oleh seluruh kemampuan AS termasuk nuklir,” tulis pernyataan yang dirilis Gedung Putih, dilansir AFP.

Presiden AS Joe Biden juga mengeluarkan peringatan serupa pada bulan April. Dia mengatakan setiap serangan nuklir yang dilakukan Korea Utara akan ‘mengakibatkan berakhirnya pemerintahan’.

Lima bulan sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin memperingatkan bahwa serangan nuklir yang dilakukan negara pimpinan Kim Jong Un terhadap AS atau sekutunya akan berarti ‘akhir dari rezim Kim’.

Korea Utara tahun lalu mendeklarasikan dirinya sebagai negara dengan kekuatan nuklir yang ‘tidak dapat diubah’ dan telah berulang kali menyatakan bahwa pihaknya tidak akan pernah menghentikan program nuklirnya, yang dianggap penting bagi kelangsungan hidup Korea Utara.

Bulan lalu Korea Utara berhasil menempatkan satelit mata-mata militer ke orbit. Sejak itu, mereka mengklaim bahwa pandangan mereka ke langit telah memberikan gambaran situs militer utama AS dan Korea Selatan.

(biaya)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);