Berita Arca Ganesha Ditemukan Saat Gali Pondasi Rumah di Sleman

by


Yogyakarta, Pahami.id

Patung sungguhan Ganesa tingginya kurang lebih 84 centimeter (cm) ditemukan di pemukiman warga, Sayidan, Sumberadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (buatan sendiri).

Patung tersebut ditemukan oleh Nur Sarjiman (65), seorang tukang bangunan yang sedang menggali pondasi cakar ayam untuk sebuah rumah, Rabu (26/6) malam kemarin.


Sarjiman menuturkan, arca tersebut ditemukan di kedalaman sekitar satu meter. Saat sedang menggali, tiba-tiba linggisnya membentur benda keras.

“Dalam keadaan tengkurap saya gali, pas disodok tangan ternyata patah. Saya lanjutkan dan ternyata ada kepala gajah,” kata Sersan saat ditemui di lokasi. .

Selain bagian yang terkena linggis, menurut Sarjiman, arca tersebut masih berbentuk Ganesha. Termasuk tangan lainnya yang memegang ujung joran.

Ia juga menemukan batu berbentuk persegi panjang menyerupai stupa di samping patung Ganesha.

Patung Ganesha baru saja diangkat dari lubang yang digali pada Kamis (27/6) lalu. Sarjiman mengatakan, butuh enam orang untuk mengangkat patung Ganesha.

“Tidak kuat sendirian, dibawa berenam,” ujarnya.

Patung Ganesha kini telah dipindahkan ke kediaman pemilik tanah tempat ditemukannya patung tersebut. Petugas Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman rupanya sedang melakukan pengukuran atas penemuan tersebut.

Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Jalur Wilayah X juga sedang menuju lokasi.

(kum/fra)