Berita Apakah Israel Manut Perintah ICJ untuk Setop Serangan ke Rafah Gaza?

by


Jakarta, Pahami.id

Pengadilan InternasionalICJ) diarahkan Israel harus mengakhiri operasi militer di Semenanjung Rafah Gaza, Palestina.

Perintah ICJ merupakan tindakan darurat yang diminta Afrika Selatan kepada pengadilan tertinggi PBB sebagai bagian dari persidangan terkait dugaan genosida yang dilakukan Israel di Gaza.


Tak hanya memberikan tekanan kepada Israel, keputusan ICJ juga menuntut pembebasan segera seluruh sandera yang masih ditahan oleh milisi Hamas.

Namun, apa jadinya setelah keputusan ICJ keluar? Akankah mampu menghentikan pengeboman Israel, khususnya di Rafah?

Apa isi keputusan ICJ?

Menurut pengadilan, Israel harus menghentikan serangannya terhadap Rafah.

Hakim ICJ tidak yakin bahwa Israel telah mengambil langkah yang cukup untuk melindungi kehidupan warga sipil melalui operasi militernya sejauh ini.

Sebanyak 13 dari 15 hakim ICJ sepakat mengeluarkan perintah penghentian operasi militer. Para hakim juga sepakat bahwa Israel harus mengambil langkah lebih besar untuk memungkinkan komisi penyelidikan memasuki Gaza dan menyelidiki tuduhan genosida.

Pengadilan juga mengkonfirmasi keputusan sebelumnya pada tanggal 26 Januari bahwa Israel harus meningkatkan bantuan kepada warga Palestina di Gaza.

“ICJ pada dasarnya mengatakan: Oke, cukup,” kata Alonso Gurmendi, sarjana hukum internasional di King’s College, London.

“Ini pesanan yang cukup besar… menurut saya, itu benar [mencerminkan] kehilangan kesabaran [terhadap Israel].”

Apa tanggapan Israel?

Israel sangat menentang keputusan ICJ ini. Banyak pejabat mengulangi tuduhan sebelumnya bahwa pengadilan membantu “teroris” Hamas dengan mengeluarkan keputusan ini.

Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich menulis

Dia juga memperingatkan bahwa menghentikan serangan berarti “musuh akan mencapai tempat tidur anak-anak dan perempuan kita di seluruh negeri.” Dia kemudian men-tweet bahwa “sejarah akan menilai siapa yang berdiri di pihak Nazi, Hamas, dan ISIS.”

Israel mengatakan mereka membutuhkan Rafah untuk mengalahkan Hamas. Namun ICJ menilai tujuan Israel melanggar hak-hak rakyat Palestina berdasarkan Konvensi Genosida. Menurut pengadilan, Israel harus menghentikan serangan terhadap Rafah.

Israel juga terus membombardir Jalur Gaza Palestina, termasuk Rafah, pada Sabtu (25/5), sehari setelah ICJ memerintahkan Tel Aviv menghentikan operasi militer di wilayah tersebut.

Israel melancarkan serangan ke Gaza sejak Sabtu pagi waktu setempat dan baku tembak antara tentara Israel dan sayap bersenjata Hamas juga terus berlanjut di beberapa tempat di wilayah tersebut.

Hingga saat ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu belum memberikan pernyataan. Namun, para analis yakin Israel akan terus melanggar perintah ICJ.

Selain perintah menghentikan penyerangan, ICJ juga memerintahkan pembukaan perlintasan Rafah untuk bantuan. Pengacara Universitas York, Heidi Matthews, memandang perintah tersebut mengikat Israel secara hukum.

“Pesan [ICJ] sebelum ini [untuk meningkatkan bantuan] “telah membuat negara-negara sadar bahwa ada risiko genosida yang akan segera terjadi dan oleh karena itu tugas mereka – berdasarkan konvensi genosida – untuk mencegahnya telah terpicu,” kata Matthews seperti dikutip Al Jazeera.

Sementara itu, meski Israel terus melanggarnya, Gurmendi yakin putusan ICJ akan memberikan tekanan kepada negara-negara Barat yang mempersenjatai Israel.

“Bagaimana Anda bisa membenarkan penjualan senjata untuk digunakan Israel di Rafah? Saya rasa Anda tidak bisa. Menurut saya hal itu tidak mungkin dilakukan secara hukum,” ujarnya.

(el/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);